24 Nov 2008

KONI Depok : Depok Bersatu Raih Prestasi Gemilang

Depok Bersatu Raih Prestasi Gemilang
(Menyambut Pelantikan Pengurus KONI Depok Periode 2008-2012)

Hari ini, 28 Nopember 2008 menjadi salah satu tanggal bersejarah bagi insan olahraga kota Depok. Pelantikan Pengurus KONI Depok periode 2008-2012 akan dilakukan oleh Pengurus KONI Jawa Barat. Momentum ini diharapkan akan menjadi sebuah awal dari tekad dan kerja besar untuk merevitalisasi organisasi olahraga di Depok, dengan bercermin pada kinerja dan prestasi yang telah dicapai oleh kepengurusan sebelumnya, dan menatap ke depan menyongsong ditorehkannya prestasi-prestasi baru dari atlit-atlit kebanggaan warga Depok.

Untuk itu, sebuah visi telah dicanangkan oleh KONI Depok periode 2008-2012, yaitu “Mewujudkan organisasi yang solid & sistem pembinaan yang tangguh untuk meraih prestasi gemilang di tingkat propinsi, nasional dan internasional”. Sebuah tekad dan semangat untuk maju ke depan dengan dilandasi oleh soliditas organisasi yang kokoh. Prestasi yang ingin diraih tidak hanya pada tingkat propinsi, tapi juga tingkat nasional, bahkan internasional. Visi ini memberikan tantangan yang besar untuk pengurus KONI baru beserta seluruh jajarannya.
Untuk mencapai visi tersebut, telah dirumuskan empat misi yang ingin dijalankan oleh KONI Depok. Misi pertama yaitu ”Membangun soliditas organisasi KONI dan seluruh pengcab-pengcab yang ada”. Sebuah organisasi tidak akan berjalan dengan baik jika tidak ada soliditas antar unsur-unsur di dalamnya. Efektifitas berjalannya suatu organisasi sangat bergantung pada sejauh mana soliditas yang terbangun di dalam organisasi tersebut.
Dalam rangka menjalankan misi pertama ini, ada beberapa langkah yang akan dilakukan KONI Depok, yaitu: (1) membangun mekanisme organisasi yang baik, tertib dan konsisten, melalui pertemuan rutin pengurus KONI dan pertemuan antara KONI dengan pengcab-pengcab; (2) mewujudkan transparansi kegiatan dan anggaran; (3) melakukan pembinaan organisasi pengcab-pengcab dan klub olahraga; (4) meningkatkan kesejahteraan pelaku olahraga.
Salah satu problem yang dihadapi oleh setiap organisasi adalah ketidakmampuan mereka untuk membangun mekanisme organisasi yang baik dan secara konsisten menjalankannya. Padahal, sehat dan sakitnya suatu organisasi dapat dilihat dari berjalan atau tidaknya mekanisme kerja dari unsur-unsur dalam organisasi tersebut. Ini yang akan diselesaikan oleh KONI Depok. Selain itu, mengingat sebagian besar dana operasional KONI berasal dari APBD, yang berarti berasal dari uang rakyat, maka transparansi anggaran menjadi suatu keharusan.
Kita ingin membangun kepercayaan dan keyakinan publik dan masyarakat bahwa KONI Depok akan senantiasa menjalankan organisasinya dengan menjunjung tinggi kejujuran, profesionalitas dan transparansi. Melalui rencana penerbitan buletin secara berkala dan pengembangan situs KONI Depok, transparansi dan keterbukaan dalam pengelolaan anggaran akan coba untuk diwujudkan.
Ujung tombak prestasi olahraga ada di cabang-cabang olahraga, bukan di KONI. Karena itu, peningkatan soliditas organisasi tidak cukup hanya diterapkan di tubuh KONI saja. Akan tetapi, soliditas ini harus juga menyentuh dan terbangun di setiap organisasi pengcab yang ada. Program-program pelatihan bagi peningkatan pengetahuan keorganisasian para pengurus cabang olahraga perlu menjadi perhatian untuk dapat dijalankan dengan baik. Selain itu, standarisasi insentif dan bonus bagi para pelaku olahraga akan disusun, sebagai upaya untuk memberikan apresiasi terhadap para insan olahraga yang telah mempersembahkan prestasi terbaiknya dalam mengharumkan nama kota ini.
Misi yang kedua yaitu ”Menyiapkan sarana dan prasarana yang memadai untuk mendukung soliditas organisasi dan peningkatan prestasi”. Untuk menjalankan misi ini akan dilakukan berbagai program yaitu: (1) mengidentifikasi sarana & prasarana yang perlu dibangun/diperbaiki/ditingkatkan; (2) menyusun skala prioritas pengalokasian anggaran untuk sarana dan prasarana; (3) menjalin kerjasama dengan berbagai pihak untuk terlibat dalam pembangunan sarana dan prasarana.
Yang dimaksud dengan saran dan prasarana olahraga, selain masalah fasilitas tempat olahraga, termasuk juga berbagai alat dan peralatan olahraga. Untuk meraih prestasi yang gemilang, kita tidak cukup hanya berbicara pada masalah semangat dan tekad saja. Kita harus realistis, dukungan dan kesiapan sarana dan prasarana juga sangat menentukan keberhasilan dan kesuksesan suatu upaya. Karena itu, KONI Depok akan segera menginventarisir berbagai aset dan barang-barang yang dimiliki.
Kemudian, kami akan segera susun daftar prioritas penyediaan sarana dan prasarana, dari yang paling mendesak sampai yang kurang mendesak. Ini terpaksa harus dilakukan mengingat keterbatasan dari anggaran yang ada. Karenanya, kerjasama dengan berbagai pihak yang memiliki perhatian kepada masalah olahraga perlu segera dibangun. Kerjasama yang saling menguntungkan dan bermanfaat dapat diwujudkan, mengingat antusiasme warga Depok yang sangat tinggi untuk berpartisipasi di dunia olahraga.
Misi ketiga yaitu ”merancang dan melaksanakan program pembinaan atlit secara berkesinambungan, efektif dan efisien”. Ini dilakukan melalui: (1) menyusun program pencarian bibit atlit; (2) meningkatkan kualitas pembinaan atlit secara efektif dan efisien; (3) berperan aktif dalam berbagai kejuaraan tingkat propinsi/nasional untuk mengukur pencapaian prestasi.
Proses perancangan konsep pembinaan atlit yang integral dan komprehensif perlu dilakukan, untuk memastikan tercapainya kualitas sistem pembinaan yang baik. Program pencarian bibit-bibit olahragawan dari mulai usia dini menjadi prioritas utama dari proses pembinaan atlit, karena ternyata Depok memiliki potensi bibit olahragawan yang tidak sedikit. Upaya memicu peningkatan prestasi melalui keterlibatan dalam even-even kejuaraan dan turnamen olahraga juga akan menjadi program yang diperhatikan oleh kepengurusan KONI yang akan datang. Partisipasi dalam berbagai kejuaraan dan turnamen ini sekaligus akan dijadikan sebagai barometer dalam mengukur kinerja pembinaan yang dilakukan.
Misi KONI Depok yang keempat yaitu membangun kesadaran & keterlibatan masyarakat dalam berbagai program peningkatan prestasi olahraga. Program kerja dari misi keempat ini yaitu: (1) meningkatkan peran humas dalam mempromosikan berbagai aktifitas olahraga di depok (2) meningkatkan upaya sosialisasi even-even kejuaraan olahraga; (3) merancang dan melaksanakan program bapak angkat/asuh bagi atlit berprestasi; (4) menerbitkan buletin "Depok Gemilang"; (5) membangun dan mengembangkan website KONI Depok.
Kemeriahan dan dinamika olahraga di kota ini tidak akan sampai ke telinga dan penglihatan para insan olahraga dan warga Depok tanpa kita menciptakan sarana yang mendukung. KONI Depok ingin secara proaktif menggugah kesadaran dan menciptakan keterlibatan warga dan masyarakat untuk mendukung dan berpartisipasi dalam memajukan prestasi olahraga di kota ini. Untuk mewujudkan hal ini, kami akan menerbitkan buletin olahraga ”Depok Gemilang” secara berkala. Buletin ini akan memotret berbagai aktifitas olahraga yang terjadi di Depok, termasuk juga aktifitas para pengcab dalam melakukan pembinaan olahraga. Tidak ketinggalan tentunya kita juga akan memotret perjuangan dan pengorbanan para atlit kita dalam mengemban amanah untuk mengejar prestasi olahrga yang membanggakan. Selain melalui buletin, kita juga sedang mengembangkan situs KONI Depok yang beralamat di www.koni-depok.org, yang akan menjadi jembatan komunikasi antar insan olahraga kota ini, selain akan menjadi pusat informasi keolahragaan di kota Depok.
Semua misi dan program yang dicanangkan di atas tidak akan pernah terealisasi dengan baik tanpa perjuangan dan kerjasama antar seluruh jajaran pengurus KONI Depok, seluruh pengcab-pengcab, para atlit dan pelatih, para insan olahraga, serta seluruh stakeholder & warga kota Depok. Oleh karena itu, prosesi pelantikan pengurus KONI Depok yang baru untuk periode 2008-2012 pada hari ini hendaklah menjadi momentum bersama untuk bersatu memajukan prestasi olahraga kota Depok, sesuai dengan slogan KONI Depok ”Depok Bersatu Raih Prestasi Gemilang”.Semoga.

=Prihandoko=
Ketua KONI Depok periode 2008-2012.

Tidak ada komentar: