29 Des 2012

Mulai dan selesai

"Mulai" adalah kata yg penuh kekuatan. Cara terbaik utk maju dan sukses adalah "mulai". Dan jangan pernah berhenti sebelum menjumpai kata "selesai'. Tuntaskan kerja anda, dan temukan hasilnya. [www.prihandoko.com]

5 Nov 2012

Tidak ada yang sempurna

Jangan terlalu cepat mengagungkan seseorang yg memiliki kelebihan, sebagaimana juga jangan terlalu mudah meremehkan dan merendahkan orang. Menerima kehebatan seseorang sambil tetap memahami tidak ada yg sempurna dalam diri setiap orang, tidak akan menghapus penghargaan kita pada orang yg memiliki keistimewaan. Sungguh, tidak ada yg paling hebat dan sempurna kecuali Allah SWT.
= Do Better Be The Best =
[www.prihandoko.com]

31 Okt 2012

Sibukkan diri dg Allah

Bila manusia disibukkan dg dunia, maka sibukkanlah dirimu dg Allah swt. Bila manusia gembira dg dunia, maka gembiralah dirimu dg Allah swt. Bila manusia merasa nyaman dg yg dicintainya dari makhluk, maka rebutlah rasa nyamanmu bersama Allah. Bila manusia pergi kpd raja dan penguasa meminta rizki, maka pergilah engkau kpd Allah Sang Pemilik Rizki. (Ibnul Qoyyim).
= Do Better Be te Best =
[www.prihandoko.com]

30 Okt 2012

Ubah dunia anda

Orang kuat berpikir bagaimana mengubah dirinya untuk mengubah dunia. Orang lemah berpikir bagaimana agar dunia berubah untuk dirinya.
= Do Better Be The Best =
[www.prihandoko.com]

29 Okt 2012

Kehebatan orang

Kehebatan seseorang tidak dinilai saat ia mampu berdiri dan memberi perintah, tetapi saat ia mampu berdiri sama tinggi dengan orang lain dan membantu orang tersebut untuk mengeluarkan yang terbaik dari diri mereka guna mencapai sukses.
= Do Better Be The Best =
[www.prihandoko.com]

28 Okt 2012

Pahlawan sesungguhnya

Ketidaksempurnaan adalah milik kita semua. Itu sebabnya tak satu pun dari kita layak sombong dan membanggakan diri atas prestasi, pendapat, pemikiran atau apa pun. Orang-orang di sekitar kitalah, yg ikhlas, yg tidak terdengar dan terangkat sosoknya, merekalah  para pejuang dan pahlawan yg sesungguhnya.
= Do Better Be The Best =
[www.prihandoko.com]

27 Okt 2012

Perubahan bisa dilakukan

Jika anda sadar akan kekuatan perubahan dan yakin mampu membangkitkannya, berarti anda sudah menempuh separuh jalan untuk melakukan perubahan. Berhentilah bicara, segera keluar dan lakukan tindakan nyata untuk menyelesaikan separuh jalan yang kedua. Perubahan yg anda inginkan segera hadir di hadapan anda.
= Do Better Be The Best =
[www.prihandoko.com]

25 Okt 2012

Tetap bergerak

Jangan biarkan jiwa tenggelam dalam gelombang laut yg terlalu dalam. Jangan pernah lepaskan pegangan tangan dan sandaran kita kepada langit. Gantungkan jiwa kita pada Sang Pencipta. PadaNya, minta pertolongan dan menerima kekuatan untuk bisa bertahan dalam menuntaskan misi hidup di dunia ini. Tetaplah bergerak.
= Do Better Be The Best =
[www.prihandoko.com

23 Okt 2012

Selalu ingat Allah

Kemarau yg melanda hati bersumber dari kelalaian. Kelalaian mengingat Allah dan kelalaian mengabdikan diri padaNya. Apabila kelalaian dibiarkan menjajah dan menguasai diri, maka satu saat nanti jiwa akan hancur binasa. Namun, bila hati dibina dg selalu ingat Allah dan mengabdikan diri padaNya, niscaya hujan rahmat dan kasih sayangNya akan turun dan menghalau kemarau.
= Do Better Be The Best =
[www.prihandoko.com]

22 Okt 2012

Antusiasme dan ketekunan

Antusiasme dan ketekunan dapat merubah seorang yang biasa menjadi luar biasa. Kecerobohan dan kemalasan akan membuat orang yg luar biasa menjadi biasa-biasa saja. Sungguh tidak ada yang bisa menggantikan antusiasme dan ketekunan bagi kesuksesan.
= Do Better Be The Best =
[www.prihandoko.com]

20 Okt 2012

Kehebatan seseorang

Kehebatan seseorang tidak dilihat dari di posisi apa dia berdiri tegak saat kondisi nikmat dan nyaman. Kehebatan itu hanya dapat diukur dari di posisi apa dia berdiri saat kondisi berat dan sulit.
= Do Better Be The Best =
[www.prihandoko.com]

18 Okt 2012

Hati-hati dg suara syaitan

Berhati-hatilah dari sikap menggampangkan suara hati dan membiarkannya. Sesungguhnya dari sanalah asal keburukan itu muncul. Karena hati sebenarnya merupakan arena syaitan menyebarkan benihnya di tanah hati. Bila persemaian benih itu berhasil, maka syaitan akan terus menyiraminya dari hari ke hari sampai menguasai seluruh keinginan hati. Aku berlindung kpd Allah swt dari godaan syaitan yg terkutuk.
= Do Better Be The Best =
[www.prihandoko.com]

17 Okt 2012

Hidup ibarat buku

Hidup ini ibarat buku. Lembarannya adalah hari-hari. Setiap lembar akan tercatat semua kata dan perbuatan, yg baik dan yg buruk. Setiap lembar berlalu, akan berkurang hari dan lembar yg tersisa, sampai kita mengakhiri hidup bersama habisnya lembaran buku kehidupan. Berikan yg terbaik. Tulis yg terbaik. Agar buku kehidupan kita layak diwariskan pada anak cucu kita.
= Do Better Be The Best =
[www.prihandoko.com]

16 Okt 2012

Jujur setiap saat

Kejujuran bukan hanya prinsip kebenaran, tapi ia juga sebuah kebijakan, yg tidak perlu berubah atau disesuaikan dg waktu. Lebih baik rugi daripada untung tapi tidak jujur. Rugi membawa derita sesaat, tapi untung tanpa jujur membawa derita sepanjang hayat.
= Do Better Be The Best =
[www.prihandoko.com]

15 Okt 2012

Bagian terbaik hidup anda

Bagian terbaik dari hidup seseorang adalah perbuatan-perbuatan baiknya yg tidak diketahui orang lain, dan kecintaannya pada sesama yg membuat dunianya menjadi indah. Sungguh, dunia akan harmonis saat cinta mewarnai hidup, dan akan keras laksana batu saat cinta lenyap dari hati para penghuninya.
= DoBetterBeTheBest =
[www.prihandoko.com]

13 Okt 2012

Belajar cinta

Jika anda ingin mempelajari cinta, belajarlah dari orang yg telah mengorbankan dirinya untuk orang lain, bahkan untuk orang yg memusuhinya atau orang yg tidak membalas cintanya.
= DoBetterBeTheBest =
[www.prihandoko.com]

11 Okt 2012

Siap gagal

Seorang yg kuat bukanlah orang yang tidak pernah gagal, tetapi orang yg terus menerus bangkit dari berbagai macam kegagalan.
= Do Better Be The Best =
[www.prihandoko.com]

9 Okt 2012

Kebahagiaan hidup

Kebahagiaan hidup akan tumbuh dan berkembang, dan menjadi milik anda saat anda rela memberi kebahagiaan pada org lain. Namun kebahagiaan akan sirna dan hilang dari hidup anda saat anda membangun konflik dan pertengkaran dg orang lain.



Sent from Yahoo! Mail on Android

7 Okt 2012

Hidup bersama yg lain


Orang yg merasa bisa hidup tanpa orang lain berarti dia telah membohongi diri sendiri. Tapi orang yg menganggap orang lain tidak biaa hidup tanpa dirinya, lebih keliru lagi.


Sent from Yahoo! Mail on Android

4 Okt 2012

Hidup adalah obor

Jangan jadikan kehidupan ini seperti lilin kecil. Kehidupan adalah obor besar yg harus kita angkat tinggi-tinggi agar semakin banyak orang yg mendapatkan cahayanya.
= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

2 Okt 2012

Sederhanakan masalah, cari solusi

Orang berhasil itu adalah mereka yg mampu menyederhanakan masalah hidup, menjauhi perdebatan tak berguna, membangun sinergi, menyingkirkan keraguan, dan memotong serangkaian masalah dg solusi dan tindakan konkrit.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

30 Sep 2012

Ubah diri sendiri

Sebagian besar orang mempunyai banyak ide bagaimana mengubah orang lain, namun hanya sebagian kecil saja yg mempunyai ide bagaimana mengubah dirinya.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

29 Sep 2012

Bekerja dg visi

Bekerjalah bersama orang2 yg mempunyai visi yg sama dg anda, atau dg mereka yg ingin menemukan solusi atas problem yg sdg dihadapi bersama. Tinggalkan org-org yg ingin meraih tujuan hanya dg diam dan berpangku tangan.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

28 Sep 2012

Belajar dari hidup

Kiriman dari teman fb:

Jika semua yang kita kehendaki terus kita MILIKI, darimana kita belajar IKHLAS...

Jika semua yang kita impikan segera TERWUJUD, darimana kita belajar SABAR...

Jika setiap do'a kita terus DIKABULKAN, bagaimana kita dapat belajar IKHTIAR...

Seorang yang dekat dengan Allah,
bukan berarti tidak ada air mata...

Seorang yang TAAT pada Allah,
bukan berarti tidak ada KEKURANGAN...

Seorang yang TEKUN berdo'a, bukan berarti tidak ada masa masa SULIT...

Biarlah Allah yang berdaulat sepenuhnya atas hidup kita, karena Allah TAHU yang tepat untuk memberikan yang TERBAIK...

Ketika kerjamu tidak dihargai, maka saat itu kamu sedang belajar tentang KETULUSAN...

Ketika usahamu dinilai tidak penting, maka saat itu kamu sedang belajar KEIKHLASAN...

Ketika hatimu terluka sangat dalam, maka saat itu kamu sedang belajar tentang MEMAAFKAN...

Ketika kamu lelah dan kecewa, maka saat itu kamu sedang belajar tentang KESUNGGUHAN...

Ketika kamu merasa sepi dan sendiri, maka saat itu kamu sedang belajar tentang KETANGGUHAN...

Ketika kamu harus membayar biaya yang sebenarnya tidak perlu kau tanggung, maka saat itu kamu sedang belajar tentang KEMURAHAN–HATI...

Tetap semangat...

Tetap sabar...

Tetap tersenyum...

Karena kamu sedang menimba ilmu di UNIVERSITAS KEHIDUPAN...

Allah menaruhmu di "TEMPATMU" yang sekarang, bukan karena "KEBETULAN"...

Orang yang HEBAT tidak dihasilkan melalui kemudahan, kesenangan, dan kenyamanan...

MEREKA di bentuk melalui KESUKARAN, TANTANGAN & AIR MATA... Tetap istiqomah saudarku....!!!
= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

Hati2 menggunakan kata2

Dikutip dari fb teman:

Tidak banyak yang sadar, bahwa kata-kata sangat besar stimulinya bagi sistem syaraf dan otak kita.

Kata "mentok", "mumet", "tidak bisa", "tidak tahu", "BT", "puyeng", "buntu"...setelah diucapkan, segera menstimuli sistem syaraf dan otak kita, lalu dengan sangat meyakinkan mempengaruhi juga fisiologi kita. Demikian juga kata-kata "Dahsyat", "cerdas", "super", "bisa", "ajaib", "sehat" dan sebangsanya.

Jika tidak percaya, silakan coba sendiri. Ulangi kata2 "mumet" disetiap percakapan kita dengan orang lain, maka Anda segera akan merasakan akibatnya. Cobalah juga kata "segaarrr"...dan rasakan perbedaannya.

Namun demikian, otak dan sistem syaraf kita, memang dirancang meresponse hal-hal spesifik lebih dari hal-hal general. Jadi, kalimat "selalu ada jalan keluar dalam setiap kesulitan", akan mendapat response lebih, dibandingkan kata "super, super, super dan superrrrrrrrrr".

Jadi bijaksanalah dalam memilih kata-kata yang "mensugesti" Anda secara positif. Supaya kata-kata kita jangan terbuang percuma disapu udara, dan gak boros nafas.

Bagaimana dengan kata-kata yang diucapkan kepada diri sendiri? Wah ini juga harus mendapat perhatian sungguh-sungguh. Karena 60% komunikasi, terjadi adalah dengan diri sendiri.

Sehingga, kalimat "mati gw!" yang kita ucapkan pada saat diundang untuk bicara didepan umum, tentunya juga merupakan 'perintah' bagi sistem syaraf dan otak kita.

Semoga kita semakin bijak dalam berkomunikasi, baik dengan diri sendiri maupun dengan orang lain. (*)

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

27 Sep 2012

Cinta itu menerima apa adanya

Cinta itu kemauan utk menerima org lain dg segala kesalahan dan keterbatasannya, dan utk berterima kasih tanpa batas bhw org lain itu menerima anda dg semua yg melekat pada diri anda.


= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

24 Sep 2012

Dunia mmberi ruang

Dunia selalu memberi ruang bagi siapa saja yg perkataan dan tindakannya menunjukkan bahwa dia mengetahui apa yg dia kehendaki dan perjuangkan dlm hidup ini.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

15 Agt 2012

Harapan dan cita-cita

Orang yg tidak memiliki harapan dan cita-cita sama nasibnya dg burung yg tidak memiliki sayap untuk terbang. Tugas kita bukanlah menyalahkan masa lalu, tapi menatap masa depan dg penuh harapan.
= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

14 Agt 2012

Hakikat Kebebasan

Dikutip dari fb kiriman teman.

Majlis Ramadhan (22): Tanktop Kebebasan

"Aku pake tanktop, celana pendek ... suka-suka aku ... aku bebas..."

"Aku nggak pake kerudung, nggak pake jilbab ... mau-mau gue, ngapain elo ... aku bebas..."

"Aku ngerokok di mana aja, cesss buweelll ... suka-suka aku... elu batuk? Tahan napas elu, aku bebas..."

"Aku ngecengin cewek, nggodain mereka ... aku bebas... jangan ikut campur urusan gue lu..."

"TANKTOP KEBEBASAN"
~Oleh Awy' Ameer Qolawun-Full~

"Cowok, godain aku dong... gantian ah... suka-suka aku dong ... kan aku bebas mau ngapain aja..."

"Aku bebas, tak ada satupun yang mampu mengaturku, aku bebas.. bebas sebebas-bebasnya... ahahaha... bapak gue aja nggak ngatur gue, ngapain elo mo belagu ngatur-ngatur gue, sok suci lo..."

"Aku mau sholat, mau nggak, terserah gue ... aku bebas..."

Bla bla bla ... bebas, bebas, dan bebas

--ooo--

"Kebebasan" adalah tuntutan dan jargon yang kerap diteriakkan oleh generasi muda saat ini. Itu baru dalam tahap penampilan dan berperilaku sehari-hari, belum masuk pada ranah pemikiran yang makin tak terkendali.

Memang, kebebasan adalah hak setiap orang, karena Allah Menciptakan kita sebagai orang merdeka. Namun apakah pernyataan di atas, berbagai kata-kata itu adalah bukti dari kebebasan? Kebebasan yang dalam arti sebenarnya? Kebebasan yang meninggalkan rasa nyaman dan tenang dalam hati kita?

Aku tanya, coba jawab, jika dalam hati kalian (yang meneriakkan "bebas mau ngapain apa aja") tetapi saat sendiri kalian merasakan keresahan dan kekosongan batin yang luar biasa, apakah itu dinamakan bebas?

Apakah dinamakan kebebasan saat berani melakukan semua itu ketika jauh dari pengawasan orang tua, jauh dari kampung halaman, namun saat kembali ke rumah orang tua bersikap sangat diam, berpakaian sopan dan tak ada keberanian melakukan sesuatu saat jauh dari orang tua tadi?

Apakah dinamakan kebebasan ketika mendadak begitu ketakutan saat terpergok kelakuannya oleh orang yang dikenalnya?

Aku tanya, apakah seseorang yang usai makan, merasa nggak enak kalau nggak ngerokok, mulut terasa pahit, kayak ditempeleng nggak membalas, itu orang yang merdeka atau menjadi hamba rokok tanpa terasa?

Apakah para cewek yang merasa tidak bisa membuktikan kecewekannya kecuali dengan memamerkan keindahan tubuhnya untuk dilihat setiap mata cowok, itu cewek yang merdeka atau diperbudak tanpa terasa oleh nafsu eksibisionis? Merdeka atau diperbudak oleh tanktop? Merdeka atau diperbudak nafsu ingin mengobral habis semua kemolekannya?

Apakah cowok yang ditantang temannya untuk ngedrug lalu saat menolak diolok banci oleh temannya kemudian akhirnya ngedrug hanya menghindari olokan, itu cowok yang merdeka atau diperbudak tanpa terasa oleh perasaan gengsi?

Kebebasan hakiki adalah saat kita tidak mengalami rasa ketakutan melakukan apapun di mana saja dan kapan saja...

Kebebasan hakiki adalah saat tidak terjadi perang batin yang bergejolak dalam diri kita antara nafsu dan nurani...

Kebebasan hakiki adalah saat tak ada rasa hampa dalam batin kita, tak ada perasaan bersalah, tak ada rasa dosa, tak ada rasa sesal sebab merasa mengkhianati moral usai melakukan apapun...

Kebebasan hakiki adalah saat kita mengalami ketenangan luar biasa sebab selalu ingat Allah di manapun dan dalam keadaan apapun kita berada...

Maka syariat adalah sama sekali bukan belenggu kebebasan, tanamkan itu dibenak kita dalam-dalam, syariat adalah penjamin kebebasan dari segala jenis belenggu nafsu.

Bohong, jika kita mengaku bebas, tapi dalam hati kecil kita ada rasa bersalah.

Bohong, jika kita mengaku bebas, tapi setiap usai melakukan sesuatu hati kita tidak tenang, hampa.

Bohong, jika kita mengaku bebas, tapi selalu ada perasaan menyesal saat menyendiri.

Bohong, jika kita mengaku bebas, tapi selalu terbayang ketakutan dimarahi orang tua atau dicemooh orang sekampung jika kepergok tindakan bodoh kita.

Bohong, jika kita mengaku bebas, tetapi hati kita membisikkan bahwa kita adalah orang yang terpinggirkan dan tak diperhatikan.

Bohong, jika kita mengaku bebas, tetapi merasa kesepian saat ditinggalkan oleh teman-teman yang kebetulan melakukan ketidakberesan yang sama.

Bohong besar, jika kita mengaku bebas, tetapi ternyata mengalami ketergantungan.

Kaidah kehidupan : seorang budak akan merasakan kemerdekaan jika dia menerima keadaan dirinya, dan seseorang yang merdeka hakikatnya budak jika selalu terjerat dan takluk oleh keinginan-keinginan nafsunya.

Selalu menuruti keinginan nafsu, melayani keinginan syahwat, rakus, pada hakikatnya adalah bentuk dari perbudakan dan sama sekali bukan kebebasan.

Dan untuk lebih merenungi hal ini, coba pikirkan apa kebiasaan buruk yang selalu kita lakukan selama bertahun-tahun dan setelah itu kita bisa menghentikannya, bagaimana perasaan kita setelah berhasil menghentikan kebiasaan buruk itu? Bukankah perasaan lega dan bebas? Maka kebiasaan buruk yang ditumpangi nafsu dan syahwat sebenarnya adalah belenggu dan penjara bagi manusia dari kebebasannya.

Yang menakjubkan, setiap kebebasan kita dari belenggu nafsu semakin bertambah, maka semakin bertambah juga rasa kedekatan dan ibadah kita pada Allah. Sebaliknya saat kita masih tercebur dalam kebiasaan buruk, nurani kita selalu berbisik lirih bahwa kita jauh dari Allah.

Pertanyaannya sekarang, bagaimana cara kita membebaskan diri dari segala kebiasaan buruk (apapun kebiasaan itu). Pertanyaan berlatar belakang psikologi ini panjang jawabannya, tapi setidaknya ada beberapa titik inti yang perlu diperhatikan. Sebab sebenarnya berusaha menghentikan kebiasaan buruk adalah pertempuran besar dalam jiwa kita antara nurani dengan nafsu:

1. Kemauan kuat untuk berhenti dari kebiasaan itu.

2. Mengubah rutinitas sehari-hari, semisal membuat kegiatan baru, entah itu berlibur ke rumah famili, mengubah jadwal harian, dan lain-lain.

3. Menghindari sementara waktu lingkungan dan teman yang selama ini menjadi pendorong utama kebiasaan buruk kita, sebab tabiat teman itu mencuri. Sebagian besar perubahan negatif yang dialami remaja baik-baik adalah karena salah pergaulan.

4. Baca buku-buku motivasi dan pengembangan diri yang membantu untuk mengubah kebiasaan buruk itu.

5. Harus menemukan pengganti yang baik dari kebiasaan buruk itu. Semisal seseorang melakukan kebiasaan buruknya setiap jam-jam tertentu, nah ganti saat-saat itu semisal dengan menonton tv, membaca buku, olahraga, beli makan-makanan enak, dan lain-lain.

6. Minggu-minggu awal memang berat, namun jika telah melewati minggu ketiga dan keempat, Insya Allah kebiasaan buruk itu berubah. Sebuah roket membutuhkan daya dorong yang kuat untuk keluar dari gaya gravitasi bumi, begitu pula jiwa saat ingin melepaskan diri dari kebiasaan buruk yang mengekang kebebasan itu.

7. Doa, memohon bantuan pada Allah dengan sepenuh hati agar Membantu kita untuk melepaskan diri dari semua kebiasaan buruk itu.

Semoga kita bisa menikmati kehidupan yang indah ini dengan penuh kebebasan, sebuah kebebasan yang hakiki... amin
= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

9 Agt 2012

Pemuda Sejati

Copas dari milis lain
------------------------------
Suatu hari seorang pemuda hendak menuju makah untuk menunaikan ibadah umrah..dengan segala persiapan yang cukup dia berangkat dari kampungnya dengan mengendarai seekor unta milik pemuda tersebut. Setelah lamanya berjalan pemuda tersebut ingin beristirahat dibawah sebuah pohon yang rindang didekat sebuah kebun kurma. Karna kelelahan dalam perjalanan pemuda tersebut tertidur pulas. Dia tidak menyadari unta yang di bawanya terlepas dari ikatannya, dan unta tersebut pergi mencari makanan. Sampailah unta tersebut dalam kebun kurma dan memakan serta merusak isi kebun tersebut, di dalam kebun itu ada seorang kakek tua sang pemilik kebun tersebut, dia berusaha sekuat tenaganya untuk menghalau unta tersebut agar tidak merusak seluruh isi kebunnya. karena tidak sanggup menghalaunya maka sang kakek tua itu membunuh unta tersebut.
Setelah bangun dari tidurnya, sang pemuda tadi melihat untanya tidak ada dan mencarinya dan dia mendapati unta tersebut telah mati dengan leher menganga, pemuda itu  bertanya kepada kakek tua tsbt siapa yang membunuh untanya...sang kekek tua itu menjawab nya bahwa dialah yang membunuh unta tersebut karena unta itu teleh merusak separo dari kebunnya. Pemuda tadi marah dan memukul si kakek tua sehingga kakek tua meninggal dunia. Mengetahui kakek tua itu meninggal dunia, sang pemuda menyesal sekali, dan disaat itu datanglah dua orang anak si kakek tua itu dan meminta pertanggung jawabannya si pemuda tsbt.
Persoalan ini di bawa kepada Amirul Mukminin Umar Bin Khatab Ra, anak si kakek meminta pertanggung jawaban pemuda tadi karena telah membunuh ayahnya.
Umar Bin khatab berkata " Wahai pemuda, benar engkau yang membunuh kakek tua itu?"
Pemuda itu menjawab " Benar wahai amirul mukminin" pemuda tadi menceritakan mengapa dia sampai membunuh kekek tua itu.
Lalu umar berkata" Wahai pemuda, aku harus menjalankan hukum Allah yaitu Qishas terhadap dirimu"
Pemuda tadi siap untuk menjalankan hukuman tersebut, tetapi dia meminta di tangguhkan 2 hari untuk melunasi hutang-hutangnya di kampung halamannya.
Umar mengizinkan asalkan ada penjamin mu, kalau dirimu tidak datang dalam 2 hari maka penjamin mu lah yang akan menggantikan hukumanmu, lalu pemuda itu berkata " aku sendiarian di kota ini tidak ada sanak saudara jadi tidak ada yang bisa menjamin ku"
didalam majelis itu majulah sahabat Abu Dzar, lalu berkata" Wahai umar, biar kepala saya menjadi jaminannya" baiklah kata umar ra.
Setelah 2 hari berlalu, maka berkumpullah masyarakat untuk menyaksikan pelaksanaan hukum Qishas terhadap pemuda tersebut. dan kehadiran pemuda itu telah di tunggu-tunggu oleh Umar Ra dan masyrakat kota. karena kelau tidak datang maka sahabat Abu Dzar yang akan menggantikan hukumannya. Ditengah penantiann itu dari kejauhan terlihatlah sesorang yang tengah mamacu kudanya, ternyata sang pemuda itu datang memenuhi janjinya.
Umar bin khatab, lalu berdiri dan berkata " Wahai pemuda, mengapa engkau hadir pada hari ini, padahal engkau bisa terhindar dari hukuman Qishas yang akan menyebabkan kematianmu"
lalu sang pemuda itu berkata " Wahai Amirul Mukminin, mungkin saja saya bisa lari dari hukuman ini, tetapi saya tidak mau orang-orang mengatakan bahwa tidak adalagi Lelaki Sejati yang Kesatria dikalangan kaum muslimin yang mau bertanggung jawab atas perbuatannya"
Lalu Umar menoleh kearah Abu Dzar seraya berkata " Wahai Abu Dzar, mengapa engkau rela menjadi jaminan atas pemuda yang belum pernah engkau kenal sebelumnya?"
Kemudain Abu Dzar berkata" Wahai Amiriul Mukminin, saya tidak mau orang-orang mengatakan bahwa tidak ada lagi lelaki sejati dikalangan kaum muslimin yang mau menolong saudaranya seiman yang sedang dalam kesulitan dan kesusahan."
ketika hendak menjalankan hukum Qishas, kedua anak kakek tua yang terbunuh itu berdiri dan berkata" Wahai Amirul Mukminin, sekarang tibalah giliran kami, kami memaafkan kesalahan pemuda ini, karena kami tidak rela ada orang-orang yang mengatakan bahwa tidak ada lagi lelaki sejati dikalangan kaum muslimin yang mau memaafkan kesalahan saudaranya."
Sungguh sangat luar bisa kisah ini, sekarang masihkah ada Lelaki Sejati yang kesatria yang mau bertanggung jawab atas kesalahannya?
lalu masih ada kah lelaki Sejati yang mau berkorban untuk saudaranya disaat di terpa musibah dan cobaan?
Dan masih adakah lelaki sejati yang mau memaafkan kesalahan saudaranya?......

Mohon maaf, semoga bermanfaat
= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

24 Jul 2012

Cinta Adalah Kebebasan

Kiriman dari teman:

CINTA ADALAH KEBEBASAN ...

Bismillahir-Rahmanir-Rahim ...
Cinta adalah kata lain dari memberi. Memberi adalah pekerjaan.
Pekerjaan cinta adalah memperhatikan, menumbuhkan, merawat dan melindungi.

Dan pekerjaan itu berat karena harus ditunaikan dalam waktu lama. Pekerjaan berat dalam waktu lama begitu hanya mungkin dilakukan oleh mereka yang memiliki kepribadian kuat dan tangguh. Sebab mencintai adalah keputusan. Sebab mencintai adalah pilihan... pemirsa.....

Cinta adalah kepercayaan. Sekali deklarasi cinta tidak terbukti, maka hilanglah kepercayaan. ... beraat...tersikis... semakin .. ringan

Begitulah bersama waktu, seseorang kehilangan kepercayaan kepada pasangannya. Atau anak kehilangan kepercayaan kepada orang tuanya, sebaliknya. Atau rakyat kehilangan kepercayaan kepada pemimpinnya.

Dari kepercayaan lahirlah cinta. Puncak keimanan adalah kecintaan kepada-Nya yang melebihi kecintaan kepada makhluk atau tandingan-tandingan-Nya (istri, keluarga, harta, kendaraan, binatang peliharaan dan tempat tinggal).
Dalam kitab "Raudhah Al Mahbub min Kalaam muharrik Al Quluub", Ibnul Qayyim Al-Jauziyah mengatakan : "Cinta ibarat pohon yang tumbuh di hati. Tonggaknya adalah menghinakan diri di hadapan yang dicintai, batangnya adalah ma'rifat kepada-Nya, sedangkan dahannya adalah rasa takut, daunnya adalah rasa malu, buahnya adalah taat, air yang menyuburkannya adalah dzikir kepada-Nya.
Seperti itulah cinta bekerja ketika kita harus memenangkan Allah atas diri kita sendiri. Karena cinta sejatinya adalah kebebasan. Cinta tidak membelenggu ketika tepat takarannya.....
= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

23 Jul 2012

Kisah Empat Istri

Kisah 4 Orang Istri


Suatu ketika, ada seorang pedagang kaya yang mempunyai 4 orang istri.

Dia mencintai istri yang keempat, dan menganugerahinya harta dan kesenangan yang banyak.
Sebab, dialah yang tercantik diantara semua istrinya. Pria ini selalu memberikan yang terbaik buat istri keempatnya ini.

Pedagang itu juga mencintai istrinya yang ketiga. Dia sangat bangga dengan istrinya ini, dan selalu berusaha untuk
memperkenalkan wanita ini kepada semua temannya.
Namun, ia juga selalu khawatir kalau istrinya ini akan lari dengan pria yang lain.

Begitu juga dengan istri yang kedua. Ia pun sangat menyukainya. Ia adalah istri yang sabar dan pengertian.
Kapanpun pedagang ini mendapat masalah, dia selalu meminta pertimbangan istrinya ini.
Dialah tempat bergantung. Dia selalu menolong dan mendampingi suaminya, melewati masa-masa yang sulit.

Sama halnya dengan istri yang pertama. Dia adalah pasangan yang sangat setia. Dia selalu membawa perbaikan bagi
kehidupan keluarga ini. Dia lah yang merawat dan mengatur semua kekayaan dan usaha sangsuami.
Akan tetapi, sang pedagang, tak begitu mencintainya.
Walaupun sang istri pertama ini begitu sayang padanya, namun, pedagang ini tak begitu mempedulikannya.

Suatu ketika, si pedagang sakit. Lama kemudian, ia menyadari, bahwa ia akan segera meninggal.
Dia meresapi semua kehidupan indahnya, dan berkata dalam hati. "Saat ini, aku punya 4 orang
istri. Namun, saat aku meninggal, aku akan sendiri. Betapa menyedihkan jika aku harus hidup sendiri."

Lalu, ia meminta semua istrinya datang, dan kemudian mulai bertanya pada istri keempatnya. "Kaulah yang paling
kucintai, kuberikan kau gaun dan perhiasan yang indah. Nah, sekarang, aku akan mati, maukah kau mendampingiku dan menemaniku? Ia terdiam. "Tentu saja tidak, "jawab istri keempat, dan pergi begitu
saja tanpa berkata-kata lagi.

Jawaban itu sangat menyakitkan hati. Seakan-akan, ada
pisau yang terhunus dan mengiris-iris hatinya.

Pedagang yang sedih itu lalu bertanya pada istri ketiga.
"Akupun mencintaimu sepenuh hati, dan saat ini, hidupku akan berakhir.
Maukah kau ikut denganku, dan menemani akhir hayatku?
Istrinya menjawab, Hidup begitu indah disini. Aku akan
menikah lagi jika kau mati. Sang pedagang begitu terpukul dengan ucapan ini. Badannya mulai merasa demam.

Lalu, ia bertanya pada istri keduanya. "Aku selalu berpaling padamu setiap kali mendapat masalah. Dan kau selalu mau
membantuku. Kini, aku butuh sekali pertolonganmu. Kalau ku mati, maukah kau ikut dan mendampingiku? Sang istri menjawab pelan. "Maafkan aku," ujarnya "Aku tak bisa menolongmu kali ini. Aku hanya bisa mengantarmu hingga ke liang kubur saja. Nanti, akan kubuatkan makam yang indah buatmu.
Jawaban itu seperti kilat yang menyambar. Sang pedagang kini merasa putus asa.

Tiba-tiba terdengar sebuah suara. "Aku akan tinggal denganmu. Aku akan ikut kemanapun kau pergi. Aku, tak akan
meninggalkanmu, aku akan setia bersamamu. Sang pedagang lalu menoleh ke samping, dan mendapati istri pertamanya disana. Dia tampak begitu kurus. Badannya tampak seperti orang yang kelaparan. Merasa menyesal, sang pedagang lalu bergumam, "Kalau saja, aku bisa merawatmu lebih baik saat ku mampu, tak akan kubiarkan kau seperti ini, istriku."

Renungan :

Teman, sesungguhnya kita punya 4 orang istri dalam hidup ini.
Istri yang keempat, adalah tubuh kita. Seberapapun banyak waktu dan biaya yang kita keluarkan untuk tubuh kita supaya tampak indah dan gagah, semuanya akan hilang. Ia akan pergi segera kalau kita meninggal. Tak ada keindahan dan kegagahan yang tersisa saat kita menghadap-Nya.

Istri yang ketiga, adalah status sosial dan kekayaan.
Saat kita meninggal, semuanya akan pergi kepada yang lain.
Mereka akan berpindah, dan melupakan kita yang pernah memilikinya.

Sedangkan istri yang kedua, adalah kerabat dan teman-teman.
Seberapapun dekat hubungan kita dengan mereka, mereka tak akan bisa bersama kita selamanya.
Hanya sampai kuburlah mereka akan menemani kita.

Dan, teman, sesungguhnya, istri pertama kita adalah jiwa dan amal kita. Mungkin, kita sering mengabaikan, dan melupakannya demi kekayaan dan kesenangan pribadi. Namun, sebenarnya, hanya jiwa dan amal kita sajalah yang mampu untuk terus setia dan mendampingi kemanapun kita melangkah. Hanya amal yang mampu menolong kita di
akhirat kelak.

Jadi, selagi mampu, perlakukanlah jiwa dan amal kita dengan bijak. Jangan sampai kita menyesal belakangan.
Mumpung masih hidup
Mumpung masih sehat
Mumpung masih longgar
Mumpung masih muda

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

21 Jul 2012

Rajanya istighfar

Ya Allah, Engkaulah Tuhanku. Tiada Tuhan kecuali Engkau. Engkau ciptakan aku, dan aku adalah hambaMu. Aku berada di atas janjiMu, sebatas kemampuanku. Aku berlindung kpdMu dari keburukan perbuatanku. Aku akui banyaknya nikmatMu kpdku, dan aku akui dosa2ku, maka ampunilah aku. Sesungguhnya tdk ada yg dpt mengampuni dosa2 kecualii Engkau. Amiin.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

13 Jul 2012

Nilai hidup

Nilai hidup bukan terletak pada panjangnya hari-hari, tapi dari bagaimana kita menggunakan hari-hari itu. Makna hidup akan lahir dari kemauan dan kesungguhan mengisi hari-hari dengan berbuat lebih baik dan mengerjakan yg terbaik.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

12 Jul 2012

Salam Sahabat Sambt Ramadhan

Assalammualaikum... wr wb
Sambut  Ramadhan yang penuh berkah ini dengan memenuhi rasa haus kita akan ilmu dan lapar kita akan peningkatan kualitas iman dengan Buku – buku yang bekualitas,

bersama kami "http://www.salmanmedia.com/" dan http://www.salmanmedia.net   penyedia buku – buku Islam berkualitas…


Salam dan jabat erat


admin
Yanto

(081908704164, 081381086864, 02141803857).

Salam Sahabat Sambut Ramadhan

Assalammualaikum... wr wb
Sambut  Ramadhan yang penuh berkah ini dengan memenuhi rasa haus kita akan ilmu dan lapar kita akan peningkatan kualitas iman dengan Buku – buku yang bekualitas,

bersama kami "http://www.salmanmedia.com/" dan http://www.salmanmedia.net   penyedia buku – buku Islam berkualitas…


Salam dan jabat erat


admin
Yanto

(081908704164, 081381086864, 02141803857).

11 Jul 2012

Surat ibumu

Surat Dari Ibu

Wahai anakku,

Surat ini datang dari Ibumu yang selalu dirundung sengsara… Setelah berpikir panjang Ibu mencoba untuk menulis dan menggoreskan pena, sekalipun keraguan dan rasa malu menyelimuti diri. Setiap kali menulis, setiap kali itu pula gores tulisan terhalang oleh tangis, dan setiap kali menitikkan air mata setiap itu pula hati terluka…

Wahai anakku!

Sepanjang masa yang telah engkau lewati, kulihat engkau telah menjadi laki-laki dewasa, laki-laki yang cerdas dan bijak! Karenanya engkau pantas membaca tulisan ini, sekalipun nantinya engkau remas kertas ini lalu engkau merobeknya, sebagaimana sebelumnya engkau telah remas hati dan telah engkau robek pula perasaanku.

Wahai anakku… 25 tahun telah berlalu, dan tahun-tahun itu merupakan tahun kebahagiaan dalam kehidupanku. Suatu ketika dokter datang menyampaikan kabar tentang kehamilanku dan semua ibu sangat mengetahui arti kalimat tersebut. Bercampur rasa gembira dan bahagia dalam diri ini sebagaimana ia adalah awal mula dari perubahan fisik dan emosi…

Semenjak kabar gembira tersebut aku membawamu 9 bulan. Tidur, berdiri, makan dan bernafas dalam kesulitan. Akan tetapi itu semua tidak mengurangi cinta dan kasih sayangku kepadamu, bahkan ia tumbuh bersama berjalannya waktu.

Aku mengandungmu, wahai anakku! Pada kondisi lemah di atas lemah, bersamaan dengan itu aku begitu grmbira tatkala merasakan melihat terjangan kakimu dan balikan badanmu di perutku. Aku merasa puas setiap aku menimbang diriku, karena semakin hari semakin bertambah berat perutku, berarti engkau sehat wal afiat dalam rahimku.

Penderitaan yang berkepanjangan menderaku, sampailah saat itu, ketika fajar pada malam itu, yang aku tidak dapat tidur dan memejamkan mataku barang sekejap pun. Aku merasakan sakit yang tidak tertahankan dan rasa takut yang tidak bisa dilukiskan.

Sakit itu terus berlanjut sehingga membuatku tidak dapat lagi menangis. Sebanyak itu pula aku melihat kematian menari-nari di pelupuk mataku, hingga tibalah waktunya engkau keluar ke dunia. Engkau pun lahir… Tangisku bercampur dengan tangismu, air mata kebahagiaan. Dengan semua itu, sirna semua keletihan dan kesedihan, hilang semua sakit dan penderitaan, bahkan kasihku padamu semakin bertambah dengan bertambah kuatnya sakit. Aku raih dirimu sebelum aku meraih minuman, aku peluk cium dirimu sebelum meneguk satu tetes air yang ada di kerongkonganku.

Wahai anakku… telah berlalu tahun dari usiamu, aku membawamu dengan hatiku dan memandikanmu dengan kedua tangan kasih sayangku. Saripati hidupku kuberikan kepadamu. Aku tidak tidur demi tidurmu, berletih demi kebahagiaanmu.

Harapanku pada setiap harinya; agar aku melihat senyumanmu. Kebahagiaanku setiap saat adalah celotehmu dalam meminta sesuatu, agar aku berbuat sesuatu untukmu… itulah kebahagiaanku!

Kemudian, berlalulah waktu. Hari berganti hari, bulan berganti bulan dan tahun berganti tahun. Selama itu pula aku setia menjadi pelayanmu yang tidak pernah lalai, menjadi dayangmu yang tidak pernah berhenti, dan menjadi pekerjamu yang tidak pernah mengenal lelah serta mendo'akan selalu kebaikan dan taufiq untukmu.

Aku selalu memperhatikan dirimu hari demi hari hingga engkau menjadi dewasa. Badanmu yang tegap, ototmu yang kekar, kumis dan jambang tipis yang telah menghiasi wajahmu, telah menambah ketampananmu. Tatkala itu aku mulai melirik ke kiri dan ke kanan demi mencari pasangan hidupmu.

Semakin dekat hari perkawinanmu, semakin dekat pula hari kepergianmu. saat itu pula hatiku mulai serasa teriris-iris, air mataku mengalir, entah apa rasanya hati ini. Bahagia telah bercampur dengan duka, tangis telah bercampur pula dengan tawa. Bahagia karena engkau mendapatkan pasangan dan sedih karena engkau pelipur hatiku akan berpisah denganku.

Waktu berlalu seakan-akan aku menyeretnya dengan berat. Kiranya setelah perkawinan itu aku tidak lagi mengenal dirimu, senyummu yang selama ini menjadi pelipur duka dan kesedihan, sekarang telah sirna bagaikan matahari yang ditutupi oleh kegelapan malam. Tawamu yang selama ini kujadikan buluh perindu, sekarang telah tenggelam seperti batu yang dijatuhkan ke dalam kolam yang hening, dengan dedaunan yang berguguran. Aku benar-benar tidak mengenalmu lagi karena engkau telah melupakanku dan melupakan hakku.

Terasa lama hari-hari yang kulewati hanya untuk ingin melihat rupamu. Detik demi detik kuhitung demi mendengarkan suaramu. Akan tetapi penantian kurasakan sangat panjang. Aku selalu berdiri di pintu hanya untuk melihat dan menanti kedatanganmu. Setiap kali berderit pintu aku manyangka bahwa engkaulah orang yang datang itu. Setiap kali telepon berdering aku merasa bahwa engkaulah yang menelepon. Setiap suara kendaraan yang lewat aku merasa bahwa engkaulah yang datang.

Akan tetapi, semua itu tidak ada. Penantianku sia-sia dan harapanku hancur berkeping, yang ada hanya keputusasaan. Yang tersisa hanyalah kesedihan dari semua keletihan yang selama ini kurasakan. Sambil menangisi diri dan nasib yang memang telah ditakdirkan oleh-Nya.

Anakku… ibumu ini tidaklah meminta banyak, dan tidaklah menagih kepadamu yang bukan-bukan. Yang Ibu pinta, jadikan ibumu sebagai sahabat dalam kehidupanmu. Jadikanlah ibumu yang malang ini sebagai pembantu di rumahmu, agar bisa juga aku menatap wajahmu, agar Ibu teringat pula dengan hari-hari bahagia masa kecilmu.

Dan Ibu memohon kepadamu, Nak! Janganlah engkau memasang jerat permusuhan denganku, jangan engkau buang wajahmu ketika Ibu hendak memandang wajahmu!!

Yang Ibu tagih kepadamu, jadikanlah rumah ibumu, salah satu tempat persinggahanmu, agar engkau dapat sekali-kali singgah ke sana sekalipun hanya satu detik. Jangan jadikan ia sebagai tempat sampah yang tidak pernah engkau kunjungi, atau sekiranya terpaksa engkau datangi sambil engkau tutup hidungmu dan engkaupun berlalu pergi.

Anakku, telah bungkuk pula punggungku. Bergemetar tanganku, karena badanku telah dimakan oleh usia dan digerogoti oleh penyakit… Berdiri seharusnya dipapah, dudukpun seharusnya dibopong, sekalipun begitu cintaku kepadamu masih seperti dulu… Masih seperti lautan yang tidak pernah kering. Masih seperti angin yang tidak pernah berhenti.

Sekiranya engkau dimuliakan satu hari saja oleh seseorang, niscaya engkau akan balas kebaikannya dengan kebaikan setimpal. Sedangkan kepada ibumu… Mana balas budimu, nak!? Mana balasan baikmu! Bukankah air susu seharusnya dibalas dengan air susu serupa?! Akan tetapi kenapa nak! Susu yang Ibu berikan engkau balas dengan tuba. Sampai begitu keraskah hatimu, dan sudah begitu jauhkah dirimu?! Setelah berlalunya hari dan berselangnya waktu?!

Wahai anakku, setiap kali aku mendengar bahwa engkau bahagia dengan hidupmu, setiap itu pula bertambah kebahagiaanku. Bagaimana tidak, engkau adalah buah dari kedua tanganku, engkaulah hasil dari keletihanku. Engkaulah laba dari semua usahaku! Kiranya dosa apa yang telah kuperbuat sehingga engkau jadikan diriku musuh bebuyutanmu?! Pernahkah aku berbuat khilaf dalam salah satu waktu selama bergaul denganmu, atau pernahkah aku berbuat lalai dalam melayanimu?

Terus, jika tidak demikian, sulitkah bagimu menjadikan statusku sebagai budak dan pembantu yang paling hina dari sekian banyak pembantu dan budakmu. Semua mereka telah mendapatkan upahnya!? Mana upah yang layak untukku wahai anakku!

Dapatkah engkau berikan sedikit perlindungan kepadaku di bawah naungan kebesaranmu? Dapatkah engkau menganugerahkan sedikit kasih sayangmu demi mengobati derita orang tua yang malang ini? Sedangkan Tuhan mencintai orang yang berbuat baik.

Wahai anakku!! Aku hanya ingin melihat wajahmu, dan aku tidak menginginkan yang lain.

Wahai anakku! Hatiku teriris, air mataku mengalir, sedangkan engkau sehat wal afiat. Orang-orang sering mengatakan bahwa engkau seorang laki-laki supel, dermawan, dan berbudi. Anakku… Tidak tersentuhkah hatimu terhadap seorang wanita tua yang lemah, tidak terenyuhkah jiwamu melihat orang tua yang telah renta ini, ia binasa dimakan oleh rindu, berselimutkan kesedihan dan berpakaian kedukaan!? Bukan karena apa-apa?! Akan tetapi hanya karena engkau telah berhasil mengalirkan air matanya… Hanya karena engkau telah membalasnya dengan luka di hatinya… hanya karena engkau telah pandai menikam dirinya dengan belati durhakamu tepat menghujam jantungnya… hanya karena engkau telah berhasil pula memutuskan tali silaturrahim?!

Wahai anakku, ibumu inilah sebenarnya pintu surga bagimu. Maka titilah jembatan itu menujunya, lewatilah jalannya dengan senyuman yang manis, pemaafan dan balas budi yang baik. Semoga aku bertemu denganmu di sana dengan kasih sayang Tuhan,

Wahai anakku!! Ini aku, pahalamu, tanpa engkau bersusah payah untuk memerdekakan budak atau berletih dalam berinfak. Pernahkah engkau mendengar cerita seorang ayah yang telah meninggalkan keluarga dan anak-anaknya dan berangkat jauh dari negerinya untuk mencari tambang emas?! Setelah tiga puluh tahun dalam perantauan, kiranya yang ia bawa pulang hanya tangan hampa dan kegagalan. Dia telah gagal dalam usahanya. Setibanya di rumah, orang tersebut tidak lagi melihat gubuk reotnya, tetapi yang dilihatnya adalah sebuah perusahaan tambang emas yang besar. Berletih mencari emas di negeri orang kiranya, di sebelah gubuk reotnya orang mendirikan tambang emas.

Begitulah perumpamaanmu dengan kebaikan. Engkau berletih mencari pahala, engkau telah beramal banyak, tapi engkau telah lupa bahwa di dekatmu ada pahala yang maha besar. Di sampingmu ada orang yang dapat menghalangi atau mempercepat amalmu. Bukankah ridhoku adalah keridhoan Tuhan, dan murkaku adalah kemurkaan-Nya?

Anakku… Aku tidak akan angkat keluhan ini ke langit dan aku tidak adukan duka ini kepada Tuhan, karena sekiranya keluhan ini telah membumbung menembus awan, melewati pintu-pintu langit, maka akan menimpamu kebinasaan dan kesengsaraan yang tidak ada obatnya dan tidak ada tabib yang dapat menyembuhkannya. Aku tidak akan melakukannya, Nak! Bagaimana aku akan melakukannya sedangkan engkau adalah jantung hatiku… Bagaimana ibumu ini kuat menengadahkan tangannya ke langit sedangkan engkau adalah pelipur laraku. Bagaimana Ibu tega melihatmu merana terkena do'a mustajab, padahal engkau bagiku adalah kebahagiaan hidupku.

Bangunlah Nak! Uban sudah mulai merambat di kepalamu. Akan berlalu masa hingga engkau akan menjadi tua pula, dan "Engkau akan memetik sesuai dengan apa yang engkau tanam…" Aku tidak ingin engkau nantinya menulis surat yang sama kepada anak-anakmu, engkau tulis dengan air matamu sebagaimana aku menulisnya dengan air mata itu pula kepadamu.

Wahai anakku, bertaqwalah kepada Tuhan pada ibumu, peganglah kakinya!! Sesungguhnya surga di kakinya. Basuhlah air matanya, balurlah kesedihannya, kencangkan tulang ringkihnya, dan kokohkan badannya yang telah lapuk.Anakku… Setelah engkau membaca surat ini,terserah padamu! Apakah engkau sadar dan akan kembali atau engkau ingin merobeknya.

Wassalam,

Ibumu


= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

7 Jul 2012

Kata-kata kebaikan

Kata-kata yg didasarkan pada tipuan tidak akan pernah terhormat, karena diucapkan dengan tujuan kejahatan. Sebaliknya, kata-kata yg didasarkan pada kejujuran dan ketulusan, dengan tujuan kebaikan, akan mendapat kehormatan.
= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

26 Jun 2012

Saatnya memberi

Tidak ada orang yg mendapat kehormatan karena ia menerima sesuatu dari orang lain. Kehormatan adalah balasan dari apa yg kita berikan kepada orang lain. Hidup ini penuh makna saat kita memberi, bukan menerima. Kebahagiaan sejati muncul saat memberi, bukan saat menerima.
= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

23 Jun 2012

Hakikat kematian

Renungan Pagi...Perjalanan hidup manusia di dunia akan berakhir dengan kematian. Semuanya akan mati sebagai pahlawan atau selebritas, pengusaha atau tuna karya, orang beriman atau kafir, pemimpin atau rakyat jelata, kaya atau miskin, sehat atau sakit, tua atau muda, lelaki atau perempuan. Mereka akan meninggalkan segala sesuatu yang telah dikumpulkannya. Semua yang dikumpulkan manusia tidak akan berguna, kecuali amal salehnya berupa sedekah yang mengalir, ilmu yang bermanfaat dan anak yang saleh. Kematian adalah penghancur kelezatan dan gemerlapnya kehidupan dunia, kematian bukanlah akhir kesudahan manusia, bukan pula tempat istirahat yang panjang, kematian adalah akhir dari kehidupan di dunia dengan segala yang telah dipersembahkannya berupa amal perbuatan sebagai modal menjalani rihlah (perjalanan hidup) berikutnya...

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

Hiu kecil

Untuk masakan Jepang, kita tahu bahwa ikan salmon akan lebih enak untuk dinikmati jika ikan tsb masih dalam keadaan hidup saat hendak diolah untuk disajikan. Jauh lebih nikmat dibandingkan dgn ikan salmon yg sdh diawetkan dgn es..
Itu sebabnya para nelayan selalu memasukkan salmon tangkapannya ke suatu kolam buatan agar dlm perjalanan menuju daratan salmon2 tsb tetap hidup. Meski demikian pada kenyataannya banyak salmon yg mati di kolam buatan tsb..
Bagaimana cara mereka menyiasatinya..??
Para nelayan itu memasukkan seekor hiu kecil dikolam tsb..
Ajaib..!!
Hiu kecil tsb "memaksa" salmon2 itu terus bergerak agar Jangan, sampai dimangsa..
Akibatnya jumlah salmon yg mati justru menjadi sangat sedikit..!!

Diam membuat kita mati..!
Bergerak membuat kita hidup...!!
Apa yg membuat kita diam??
Saat tidak ada masalah dlm hidup dan saat kita berada dlm zona nyaman..
Situasi seperti ini kerap membuat kita terlena..
Begitu terlenanya sehingga kita tdk sadar bahwa kita telah mati..!!
Ironis, bukan..??
Apa yg membuat kita bergerak..??
Masalah..
Pergumulan.. dan
Tekanan Hidup..

Saat masalah datang secara otomatis naluri kita membuat kita bergerak aktif dan berusaha mengatasi semua pergumulan hidup itu..
Disaat saat seperti itu biasanya kita akan ingat Tuhan dan berharap kpd Tuhan..
Tidak hanya itu, kita menjadi kreatif, dan potensi diri kitapun menjadi berkembang luar biasa..
Ingatlah bahwa kita akan bisa belajar banyak dlm hidup ini bukan pada saat keadaan nyaman, tapi justru pada saat kita menghadapi badai hidup..

Itu sebabnya syukurilah "hiu kecil" yg terus memaksa kita utk bergerak dan tetap survive..
Masalah hidup adalah baik, karena itulah yg membuat kita terus bergerak. Mungkin hiu hiu kecil itu bisa berbentuk siapa saja dalam hidup kita. Sukses selalu
= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

22 Jun 2012

Jangan pernah menyerah

Salah satu tokoh hebat adalah Jack Canfield dan Mark Victor, penulis Chicken Soup for the Soul. Kabarnya, mereka harus melalui perjalanan panjang dalam mencari pernerbit dan terus ditolak, sampai jumlah penerbit yang mereka datangi mencapai 130 perusahaan. Untunglah Health Communication Inc mau menerbitkannya.

Coba bayangkan jika mereka berhenti pada penawaran ke 129, mungkin sampai sekarang kita tidak pernah bisa membaca buku Chicken Soup tersebut.

Saudaraku, terkadang kita juga ingin menyerah pada keadaan yang susah, realita yang tidak seperti impian kita. Begitu banyak penolakan, atau jarangnya order untuk bisnis kita pada beberapa hari.
Marilah kita kuatkan tekad, mungkin saja hasil yang akan kita peroleh tinggal satu langkah lagi.

Banyak orang menyerah ketika hasil tinggal selangkah, dan tentu saja itu bukan kita, iya kan?
Bertahanlah, tinggal selangkah lagi, kawan!

Salam berkah di hari Jumuah.

Wassalam,

JUMADI SUBUR
= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

Hakikat kematian

Hakikat Kematian dan Kehidupan: "Hukum Kematian manusia masih terus terjadi...karena dunia juga bukan tempat yang kekal abadi...Adakalanya seorang manusia menjadi penyampai berita dan esok hari tiba-tiba sudah menjadi bagian dari suatu berita...Kehidupan adalah tidur panjang dan kematian adalah kehidupan...Manusia ada di antara keduanya dalam alam impian dan khayalan...Selesaikanlah segala tugas dengan segera...niscaya umurmu akan berlipat menjadi lembaran sejarah yang akan ditanyakan..."(Puisi dalam Kitab La Tahzan, karya Dr. 'Aidh Al-Qarni)
= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

21 Jun 2012

Kisah Telur dan tempe gosong

Suatu malam, ibu yg bangun sejak pagi, bekerja keras sepanjang hari, membereskan rumah tanpa pembantu, jam tujuh malam ibu selesai menghidangkan makan malam utk ayah, sangat sederhana, berupa telur mata sapi, tempe goreng, sambal teri dan nasi.

Sayangnya krn mengurusi adik yg merengek, tempe dan telor gorengnya sedikit gosong!

Saya melihat ibu sedikit panik, tapi tdk bisa berbuat banyak, minyak gorengnya sdh habis.

Kami menunggu dgn tegang apa reaksi ayah yg pulang kerja pasti sdh capek, melihat makan malamnya hanya tempe dan telur gosong.

Luar biasa! Ayah dgn tenang menikmati dan memakan semua yg disiapkan ibu dgn tersenyum, dan bahkan berkata, "Bu terima kasih ya!" Lalu ayah terus menanyakan kegiatan saya & adik di sekolah.

Selesai makan, masih di meja makan, saya mendengar ibu meminta maaf krn telor & tempe yg gosong itu & satu hal yg tidak pernah saya lupakan adalah apa yg ayah katakan:

"Sayang, aku suka telor & tempe yg gosong."

Sebelum tidur, saya pergi utk memberikan ciuman selamat tidur kpd ayah, saya bertanya apakah ayah benar-benar menyukai telur & tempe gosong?"

Ayah memeluk saya erat dgn kedua lengannya & berkata, "Anakku, ibu sdh bekerja keras sepanjang hari & dia benar-benar sdh capek.

Jadi sepotong telor & tempe yg gosong tdk akan menyakiti siapa pun kok!"

Ini pelajaran yg saya praktekkan di tahun-tahun berikutnya. "Belajar menerima kesalahan orang lain, adalah satu kunci yg sangat penting utk menciptakan sebuah hubungan yg sehat, bertumbuh & abadi.

Ingatlah emosi tdk akan pernah menyelesaikan masalah yg ada, jadi selalulah berpikir dewasa. Mengapa sesuatu hal itu bisa terjadi pasti punya alasannya sendiri.

Janganlah kita menjadi org yg egois hanya mau dimengerti, tapi tdk mau mengerti.

Tua itu pasti, tapi Dewasa itu PILIHAN.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

Pemenang vs pecundang

Ini yg membedakan pemenang dengan pecundang. Saat orang lain meratapi kegagalan, ia bangkit. Saat orang lain terpaku oleh badai dan angin topan, ia melihat cahaya matahari. Saat orang lain duduk dalam diam, ia telah pergi melangkah. Di matanya selalu ada jalan untuk meraih harapan dan cita-cita.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

20 Jun 2012

Blind spot

Kiriman seorang sahabat.

 BLIND SPOT 

"Berilah orang bijak nasihat,
maka ia akan menjadi lebih bijak, Ajarilah orang benar, maka pengetahuannya akan bertambah".

Smua pemain profesional memiliki pelatih.
Contohnya, pemain golf sehebat Tiger Woods sekalipun juga memiliki pelatih.

Padahal jika mereka berdua disuruh bertanding jelas Tiger Woods-lah yg akan memenangkan pertandingan tersebut.

Mungkin kita bertanya-tanya,
mengapa Tiger Woods butuh pelatih kalo jelas-jelas dia lebih hebat dari pelatihnya?

Kita harus tahu bahwa Tiger Woods butuh pelatih bukan karena pelatihnya lebih hebat,
namun karena ia butuh seseorang untuk melihat hal-hal yang TIDAK DAPAT dia LIHAT SENDIRI.

Hal yg tidak dapat kita lihat dgn mata sendiri itulah yg disebut dgn BLIND SPOT atau TITIK BUTA.

Kita hanya bisa melihat BLIND SPOT tersebut dgn bantuan orang lain.

Dalam hidup, kita butuh orang lain untuk mengawal kehidupan kita, sekaligus untuk mengingatkan kita seandainya prioritas hidup kita mulai bergeser.

Kita butuh orang lain utk menasihati & mengingatkan,
bahkan menegur jika kita mulai melakukan sesuatu yg keliru,
yg bahkan kita tidak pernah menyadari.

KERENDAHAN HATI untuk menerima kritikan, nasihat, & teguran itulah yg justru menyelamatkan kita.

Kita bukan manusia sempurna,
Biarkan orang lain menjadi "mata" kita, sehingga kita bisa melihat apa yg tidak bisa kita lihat dengan pandangan diri kita sendiri.

Dgn kesalahan, sebenarnya kita belajar tentang :
Peluang, Tau yg benar,
Tau malu, Tau cara berubah,
Diingatkan oleh situasi,
Bertindak & Memperbaiki, Mawas diri & Menjadi lebih baik setiap harinya.

Dimanapun kita berada,
Sesulit apapun keadaan kita,
Yakinlah bahwa kita sedang di gerakkan ke arah yg lebih baik,
Tetap Berdoa, Berusaha & slalu Bersyukur.

Smoga kita bisa menjadi saudara yg saling mengingatkan..

"Hati Ini Kering Kalo Tanpa Nasehat..."

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

Berbagi itu indah

Berbagi itu indah. Jika anda sanggup memberi orang lain melebihi harapannya, lakukanlah. Pada saatnya anda juga akan mendapatkan sesuatu yg melebihi harapan anda. Resapi dan rasakan kebahagiaannya.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

19 Jun 2012

Mental miskin

Tulisan Inspirasi Pagi (TIP) untuk bisnis - 11

Assalamualakim wr wb,
Semoga kita semua senantiasa dalam taufiq Allah, diberkahi rizki dan diridhoi amal kita.

Saya punya seorang kakek jauh (masih pamannya ayah), Mbah Nasrun dan istrinya Mbah Ngasini. Mereka berdua berjualan jagung. Ada jagung rebus dan jagung bakar.

Suatu hari Mbah Ngasini berjualan, didatangi ibu-ibu, ketika hendak membayar, malah dicegah.
"Ambil saja Bu, anggap saja hadiah dari saya." Si Ibu pun senang, besoknya dia bawakan setangkai pisang untuk mbah Ngasini.

Kemudian ada seorang laki-laki datang. Ketika hendak membayar, malah dicegahnya. "Ambil saja Pak, anggap saja itu hadiah dari kami." Lalu Bapak itu senang, esoknya si Bapak membawakan batu akik untuk mbah Nasrun.

Lalu, mbah Ngasini didatangi 2 orang pelajar anak pejabat di desa itu. Dia berujar, "Ambil saja Dik, buat hadiah kamu."
Lantas apa yang terjadi? Anak muda itu mengajak teman-temannya para pelajar dan ada yg mahasiswa. Yah, apalagi kalo bukan mencari jagung gratisan..He..!

Kadang, miskin itu bukan hanya soal materi. Tapi soal mental. Mbah Nasrun dan Mbah Ngasini, mungkin secara materi belum kaya, tapi dia memiliki mental kaya. Tapi para remaja desa, bisa jadi secara ekonomi sudah kaya, namun secara mental belum. Mereka masih miskin.

Yang lebih celaka adalah, jika sudah jatuh miskin pada materi, secara mental juga miskin!

So, anda mau pilih jalur mana?

Selamat beraktivitas hari ini. Mulai dengan pikiran, mental dan sikap kaya, okay?

Wassalam,

JUMADI SUBUR


= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

Sabar menanti hasil

Jika anda tidak sabar menanti hasil, artinya anda tidak tekun meniti jalan. Jika anda tidak tekun, artinya anda tidak siap meraih keberhasilan. Melompatlah ke tengah arena, buatlah tangan anda kotor dan wajah anda lelah. Anda akan mencapai bintang-bintang keberhasilan.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

17 Jun 2012

Jauhi khianat

Berbuat salah itu biasa. Tidak perlu malu dan kecil hati. Ia justru akan membuat anda lebih bijaksana. Tapi berbuat khianat, penuh kebohongan dan kepura-puraan, ia akan menimbulkan kebencian dan permusuhan. Jauhi dan tinggalkan selama-lamanya.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

Sukseskan orang di sekitar anda

James Bender dalam bukunya, "How to Talk Well" [New York; McGray-Hill Book Company,Inc., 1994], menyebutkan sebuah cerita tentang seorang petani yang menanam jagung unggulan dan sering kali memenangkan penghargaan setiap tahun berturut2.

Suatu hari, seorang wartawan dari koran lokal melakukan wawancara dan menggali rahasia kesuksesan petani tersebut.

Wartawan itu menemukan bahwa petani itu membagikan benih jagungnya kepada para tetangganya.

"Bagaimana Anda bisa berbagi benih jagung dengan tetangga Anda, lalu bersaing dengannya dalam kompetisi yang sama setiap tahunnya?" tanya wartawan, dengan penuh rasa heran dan takjub.

"Tidakkah Anda mengetahui bahwa angin menerbangkan serbuk sari dari jagung yang akan berbuah dan membawanya dari satu ladang ke ladang yang lain. Jika tetangga saya menanam jagung yang jelek, maka kualitas jagung saya akan menurun ketika terjadi serbuk silang. Jika saya ingin menghasilkan jagung kualitas unggul, saya harus membantu tetangga saya untuk menanam jagung yang bagus pula," jawab petani.

Petani ini sangat menyadari hukum keterhubungan dalam kehidupan. Dia tidak dapat meningkatkan kualitas jagungnya, jika dia tidak membantu tetangganya untuk melakukan hal yang sama.

Dalam kehidupan, mereka yang ingin menikmati kebaikan, harus memulai dengan menabur kebaikan pada orang-orang di sekitarnya. Jika Anda ingin bahagia, Anda harus menabur kebahagiaan untuk orang lain. Jika Anda ingin hidup dengan kemakmuran, maka Anda harus berusaha meningkatkan taraf hidup orang-orang di sekitar Anda.

Anda tidak akan mungkin menjadi ketua tim yang hebat, jika Anda tidak berhasil meng-upgrade masing-masing anggota tim Anda. KUALITAS ANDA DITENTUKAN OLEH ORANG-ORANG DI SEKITAR ANDA.

Orang Cerdas sejatinya adalah orang yang mencerdaskan orang lain, begitu pula orang yang baik adalah orang yang mau membaikkan orang lain...

Selamat menebarkan kebaikan dimanapun anda berada...


= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

Jauhi khianat

Berbuat salah itu biasa. Tidak perlu malu dan kecil hati. Ia justru akan membuat anda lebih bijaksana. Tapi berbuat khianat, penuh kebohongan dan kepura-puraan, ia akan menimbulkan kebencian dan permusuhan. Jauhi dan tinggalkan selama-lamanya.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

14 Jun 2012

Lakukan apa yg seharusnya dilakukan

Keburukan itu adalah ketika Allah telah memberikan akal dan pikiran untuk melihat semua yg bisa anda lakukan, semua yg seharusnya anda lakukan, atau semua yg sebaiknya anda lakukan, tetapi tidak ada yg anda lakukan sama sekali. Ingat, jenius itu hanya 1 bagian, 99 bagian lainnya adalah keringat dan kerja keras.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

12 Jun 2012

Ciri pribadi unggul

Pribadi unggul tidak pernah berhenti untuk belajar dan tidak pernah lelah untuk berkarya. Rasa syukur kepada Tuhannya diwujudkan dengan bekerja lebih keras dan memberi manfaat lebih banyak. Dia tidak pernah merasa cukup untuk memberi lebih dan berbuat lebih dari apa yg sudah dilakukannya.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

2 Jun 2012

Kunci sukses

Sukses adalah milik mereka yg terus belajar tanpa henti, mereka yg terus mencoba tanpa putus asa, dan mereka yg tetap teguh dlm memegang prinsip hidup dan perjuangannya.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

1 Jun 2012

Yakin anda mampu

Jangan pernah goyah dengan pernyataan orang-orang yg meragukan kemampuan anda. Yakinlah bahwa anda mampu menjalankan kebenaran yg anda yakini. Karena anda tidak akan pernah sampai pada tujuan bila anda tidak yakin untuk mencapainya. Salam sukses selalu.
= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

30 Mei 2012

Dahsyatnya Pikiran

Sungguh, tidak ada kekuatan manusia yg sanggup mengalahkan kekuatan pikiran. Karena, ia akan mampu menggoyang istana raja. Ia mampu mengubah hutan belantara menjadi pemukiman warga. Pikiran juga sanggup memindahkan sebuah gunung dari laut ke daratan. Pikiranlah yg memberi energi dn kekuatan.
= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

Jadikan kami cahaya

Ya Allah ya Robbana, Pemilik segala cahaya, Penghimpun segala jiwa.... Jadikan hati kami bercahaya, lisan kami bercahaya, pendengaran kami bercahaya, dan penglihatan kami bercahaya. Jadikan cahaya di belakang kami, cahaya di hadapan kami, cahaya di atas kami, dan cahaya di bawah kami. Jadikan diri dan jiwa kami bercahaya keseluruhannya.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

29 Mei 2012

Sikap cermin kebiasaan

Sikap kerja anda hari ini adalah cermin kebiasaan-kebiasaan hidup anda masa lalu. Sikap kerja anda masa depan bergantung pada kebiasaan anda hari ini. Kebiasaan baik akan berbuah sikap kerja yg baik. Kebiasaan buruk akan berbuah keburukan pula.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

Berdoa di waktu malam

"Sesungguhnya waktu malam adalah waktu dimana tidaklah seorg muslim memohon kpd Allah kebaikan dunia dan akhirat, kecuali akan dikabulkan permohonannya, dan itu berlaku setiap malam." (HR Muslim).

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

28 Mei 2012

Pelajar dengan UN tertinggi

Novi Wulandari..seorang siswi SMU yg menjadi lulusan terbaik UAN di Indonesia dgn nilai yg sangat sempurna..
Seorang anak yg hidup dlm kesederhanaan krn org tuanya hanya pekerja di pabrik sepatu..
Tapi kini Novi menjadi rebutan seluruh Perguruan Negri terbaik di Indonesia untuk memberikan Bea Siswa untuknya..Saat di Wawancarai di media tv..ternyata ada rahasia yg dahsyat dari dirinya mengapa mampu menjadi lulusan terbaik dalam UAN..
Novi seorang anak yg tdk pernah meninggalkan shalat Tahajud ...Novi selalu bersedekah dari uang saku yg diterimanya sampai dia rela berjalan kaki menuju sekolahnya..dan Novi ringan tangan membantu ibunya mengerjakan pekerjaan sehari-hari....
Lalu kapan waktunya Novi belajar...? Ternyata dia belajar setiap malam setelah Tahajudnya sambil menunggu waktu subuh...
Ayah dan ibunya pun melakukan hal yg sama..menyertai anaknya dalam menuntut ilmu dgn doa yg tak putus dipanjatkan...
Pelajaran buat kita semua..kalau skrg Novi ditawari byk beasiswa itulah bukti kalau Alloh tdk pernah ingkar janji..
Pesan Novi buat teman2nya 'jgn pernah lelah untuk berDOA dan yakin bahwa Alloh akan mendengar DOA kita"..sungguh sebuah pelajaran dari seoarang anak yg bersahaja..

(By TV ONE kabar Siang)

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

25 Mei 2012

Jangan takut salah

Jangan pernah melupakan hak kita untuk berbuat salah. Karena di saat kita menolak berbuat demi menghindari kesalahan, maka sesungguhnya kita telah membuang kesempatan menjalani pengalaman baru dalam hidup.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

20 Mei 2012

Jagalah Allah

"Jagalah Allah, niscaya engkau akan mendapatiNya di hadapanmu. Kenalilah Allah, Dia akan mengenalimu. Kenalilah Allah di wkt lapang, Ia akan mengenalimu di wkt sempit. Bersama kebaikan ada kemenangan. Bersama kesusahan ada jalan keluar. Bersama kesulitan ada kemudahan." (HR Tirmizi).

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

12 Mei 2012

Bagi2 buku ala Pena Bangsa...jpg

Radar Depok 11 Mei 2012.
Komunitas Pena Bangsa menggelar Gerakan Sejuta Buku untuk Anak Bangsa.

Acara pembagian 2000 buku untuk 200 siswa tidak mampu di sukmajaya depok.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

Ketua Komunitas Pena Bangsa on air di Radio Cemerlang Depok

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

Ketua Komunitas Pena Bangsa di CB Channel

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

Cinta adalah kehidupan

Cinta tidak pernah menuntut dan meminta. Ia selalu memberi dan mengasihi. Cinta membawa pengorbanan, tapi tidak pernah mendendam. Di mana ada cinta, di situ ada kehidupan dan kasih sayang.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

9 Mei 2012

Hidup antara dua tetapi

Mas Lumiyono in facebook wrote:

TETAPI adalah satu kata yang luar biasa, Anda bisa menulis beribu kata untuk mengungkapkan sesuatu yang indah – namun begitu Anda tutup tulisan tersebut dengan kata 'Tetapi' – maka artinyapun berubah, keindahan-pun bisa sirna karenanya. Sebaliknya juga terjadi, Anda bisa mengungkapkan seribu kata keburukan, kesedihan dan sejenisnya – namun bila Anda tutup dengan kata 'Tetapi', keburukan atau kesedihan tersebut akan berubah menjadi tidak seburuk sebelumnya. Nah, kemampuan untuk menghilangkan kata 'Tetapi' yang seharusnya tidak ada atau menghadirkan kata 'Tetapi' yang memang seharusnya ada – ternyata akan ikut menentukan kwalitas hidup Anda, maka melatihnya menjadi penting.

Perhatikan contoh aplikasinya di dua kasus berikut.

'Tetapi' yang Seharusnya Tidak Ada…

Masyarakat sekarang rata-rata memiliki penghasilan yang semakin tinggi, tetapi kebanyakan merasa semakin tidak cukup.

Mereka memiliki rumah-rumah yang besar, tetapi mereka merasa hidupnya semakin sempit.

Jalan-jalan semakin panjang dibuat, tetapi macet di mana-mana.

Segala jenis makanan dapat mereka beli, tetapi mereka memiliki begitu banyak pantangan untuk memakannya.

Mereka bekerja keras untuk keluarganya, tetapi mereka tidak memiliki waktu untuk memberikan perhatiannya.

Ilmu mereka tinggi, tetapi tidak membuatnya semakin bijak.

Jaringan pertemanan mereka luas, tetapi mereka kehilangan empati.

Nama-nama mereka terkenal, tetapi mereka tidak memiliki jati diri.

Mereka menyekolahkan anaknya tinggi-tinggi, tetapi mereka gagal mempersiapkannya untuk menjadi orang yang beriman dan mandiri.

Mereka berebut menguasai dunia, tetapi mereka tidak berusaha memakmurkannya.
Mereka…………………………………., tetapi…………………………………………(Anda dapat melengkapinya sampai seribu kata bila perlu…)

'Tetapi' Yang Seharusnya Ada…

Bumi semakin sempit dengan jumlah penduduk yang terus bertambah, tetapi selalu ada tempat yang cukup untuk semuanya.

Kerusakan nampak semakin nyata di mana-mana, tetapi masih ada peluang untuk memperbaikinya.

Keamanan dunia terancam oleh arogansi para penguasa, tetapi selalu ada kekuatan penyeimbang yang akan menghentikan langkahnya.

Kapitalisme global mencengkeram ekonomi dunia untuk kepentingannya, tetapi semua ada masanya – cepat atau lambat ketidak adilan akan berakhir.

Masalah demi masalah datang silih berganti, tetapi selalu ada solusi untuk mengatasinya.
Lapangan pekerjaan semakin susah dicari, tetapi selalu ada pekerjaan bagi yang mau bekerja.

Kebutuhan semakin tinggi sedangkan penghasilan tidak naik, tetapi tetap akan cukup bila Anda pandai mengelolanya.

Sekolah untuk anak-anak-pun semakin mahal padahal kualitas lulusannya semakin tidak bisa diandalkan, tetapi siapa bilang hanya jalur sekolah yang bisa membuat anak kita bisa berprestasi?

Penyakit semakin beragam ditengah obat yang semakin mahal dan tidak mempan, tetapi seluruh penyakit tetap ada obatnya – kecuali penyakit mati.

Dan kita semua akan mati, tetapi selagi nyawa dikandung badan – kita masih bisa beramal maksimal untuk bekal nanti.

Nah sekarang Anda lihat, bahkan hal yang bisa memutus segala kebahagiaanpun – yaitu kematian, bila Anda ungkapkan dengan kata 'Tetapi' – dia malah bisa menjadi kebaikan, yaitu menjadi nasihat yang paling efektif untuk kita bisa beramal maksimal selagi sempat.

Jadi pilihan kata 'Tetapi' itu ada di kita, kita bisa gunakan untuk menghapus segala kebaikan, kegembiraan dan sejenisnya. Atau kita bisa gunakan untuk menghibur kesedihan kita, mengurangi keburukan kita atau mempersiapkan diri kita untuk kehidupan yang abadai kelak – dimana kata 'Tetapi' tidak lagi relevan. Wa Allahu A'lam.*
= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

2 Mei 2012

Perjalanan itu meletihkan

Perjalanan itu meletihkan. Namun jika engkau sudah mendekat rumah Allah, maka hilanglah keletihan itu. Kedamaian akan menghampirimu. Hatimu pun akan tenang bersama-Nya.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

1 Mei 2012

Facebook newsfeed post by: Pri Prihandoko

Berpeganglah pada tali rahmat Allah. Mohon padaNya agar hati ini bersih dari selainNya. Mohon padaNya agar Ia penuhi hati ini dg iman dan ilmu yg mendekatkan diri padaNya. Mintalah padaNya, bukan pada yg lain. Rendahkan diri padaNya, bukan pd yg lain. Dialah sumber kebahagiaan. Ya Allah, bahagiakan kami, dan hadirlah bersama hati kami, setiap saat setiap waktu.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

30 Apr 2012

Berlarilah menuju Allah

Wahai hati, wahai ruh, wahai akal, wahai manusia, wahai yg menghendaki Allah, kemarilah menuju pintu Allah. Berlarilah kemari dg langkah-langkah hatimu, dg langkah-langkah taqwa dan tauhidmu. Zuhud dan wara' lah dari sesuatu selain Allah. Pancangkan cita-citamu utk kebaikan umat. Cita-cita yg memenuhi langit dan bumi.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

29 Apr 2012

Bekerja dan berbuatlah

Memang ada risiko dan konsekuensi atas setiap kerja dan tindakan yg diambil. Tapi risiko dan konsekuensi bagi org yg tidak kerja dan mengambil tindakan, dan hanya menjadi penonton saja, jauh lebih besar. Maka, bekerja dan berbuatlah.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

28 Apr 2012

Lima kegelapan dan penerangnya

Kegelapan ada lima dan lampu penerangnya juga lima. (1) cinta dunia adalah kegelapan, penerangnya taqwa, (2) berbuat dosa adalah kegelapan, penerangnya taubat, (3) kubur adalah kegelapan, penerangnya kalimat La ilaha illallah, (4) alam akhirat penuh dg kegelapan, penerangnya amal soleh, (5) jembatan sirath adalah kegelapan, penerangnya keyakinan. (Abu Bakar Sidik).

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

23 Apr 2012

Berpikirlah hidup itu mudah

Jika anda berpikir hidup itu sulit dan menyusahkan, begitulah yg akan terjadi. Jika anda berpikir hidup itu mudah dan menyenangkan, begitulah yang akan anda rasakan dan alami.
= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

10 Apr 2012

Jadilah org proaktif

Org yg proaktif mampu mengantisipasi keadaan yg dihadapinya. Hidupnya tdk bergantung pd kondisi skitarnya tp dr keputusannya. Bukan dr perasaannya, tp dr nilai-nilai yg diyakininya. Org reaktif, hidupnya brgantung pd perasaannya, n pd sikap org thp dirinya. Ia hanya menunggu sesuatu trjadi, dan bereaksi, bukan mengantisipasi. Mari mjd org yg proaktif, bukan reaktif.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

7 Apr 2012

Anda yg mengendalikan uang

Pandanglah uang dan harta sebagaimana adanya, tidak lebih, tidak kurang. Uang itu penting, tapi bukan yg terpenting. Jangan biarkan uang mengambil alih seluruh kehidupan anda. Anda yg harus mengendalikan uang, bukan uang yg mengendalikan anda.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

6 Apr 2012

Mengukir prestasi

Setiap saat dlm hidup anda merupakan ruang berkarya tanpa batas, dan alam semesta ini sudah disiapkan Yang Maha Kuasa utk itu. Karena itu, tidak ada alasan utk tidak berkarya dan mengukir berprestasi dlm hidup anda, sekecil apapun itu. Orang2 di sekitar anda menanti hasil karya anda.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

3 Apr 2012

Nasihat pagi hari

Rasulullah saw bersabda; Barang siapa yg bangun di pagi hari dan hanya dunia yg dipikirkannya, sehingga seolah2 ia tdk mlihat hak Allah dlm dirinya (tdk dzikir) maka Allah akan menamkan 4 penyakit ;
1.kebingungan yg tiada putus2nya
2.kesibukan yg tdk pernah ada ujungnya
3.kebutuhan yg tdk pernah terpenuhi
4.khayalan yg tdk berujung
(HR Imam Thabrani)

# Do Better Be The BEST #
[www.prihandoko.com]

1 Apr 2012

Doa hari ini

"Ya Allah, aku mohon pdMu rasa takut kpdMu, baik saat terang maupun sembunyi. Aku mohon pdMu kesederhanaan, baik dlm kondisi fakir atau kaya. Aku mohon pdMu cahaya yg tdk pernah padam. Aku mohon pdMu puncak. kerinduan utk berjumpa dgMu, tanpa bencana n fitnah yg menyesatkan. Ya Allah, hiasilah kami dg hiasan iman yg lurus, dan jadikan kami org yg mdapat petunjuk n hidayahMu.

# Do Better Be The BEST #
[www.prihandoko.com]

30 Mar 2012

Selalu belajar dan bekerja keras

Setiap orang dilahirkan untuk sukses dan bahagia. Yang membedakannya dengan orang yg gagal adalah kesediaannya untuk selalu belajar, bekerja keras, berubah dan tumbuh dlm kebaikan.

# Do Better Be The BEST #
[www.prihandoko.com]

25 Mar 2012

Wujudkan komitmen

Kualitas hidup anda ditentukan oleh komitmen yg anda buat, dan perwujudan dari komitmen itu. Kualitas hidup anda tidak ditentukan oleh indahnya lisan dan propaganda yg anda gaungkan.
# Do Better Be The BEST #
[www.prihandoko.com]

23 Mar 2012

Hargai diri sendiri

Dikutip dari facebook. Laila Hanggara wrote:

Dikala kamu sukses, akan banyak bermunculan orang-orang dimasa lalu yang mengaku kenal baik denganmu dan memproklamirkan diri sebagai orang yang berjasa turut mengantarkanmu menuju gerbang keberhasilan.
Disaat kamu jatuh, tak seorangpun yang sudi mengulurkan tangannya kepadamu bahkan berpaling pun enggan.
* teman sejati hanyalah dirimu sendiri~berilah penghargaan untuk diri sendiri sebelum memintanya dari orang lain*

# Do Better Be The BEST #
[www.prihandoko.com]

22 Mar 2012

Buah pendidikan

Hal yg paling berharga dari proses pendidikan adalah kemampuan kita untuk melakukan hal-hal yg HARUS dikerjakan, bukan hal-hal yg INGIN kita kerjakan.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

21 Mar 2012

Menambah kematangan diri

Buatlah setiap lintasan pikiran anda, setiap gagasan yg muncul, dan setiap kejadian yg berlalu, memberikan tambahan energi dan kematangan bagi anda. Buatlah agar semua itu semakin mendekatkan anda pada tujuan luhur hidup anda.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

19 Mar 2012

Tuli bisu dan buta hidayah

Assalaamu'alaikum Wr. Wb.

Sahabat seiman..,
Waktu terus bergulir, nikmat semakin deras mengalir. Hembusan nafas adalah anugerah, dalam sorotan mata terdapat hidayah. Cerahkan hati dengan petunjuk ayat, niscaya setetes nikmat akan lebih lezat dari segunung syahwat. Dan jangan biarkan hati keruh menghitam, sebab pagi yang cerah kan tetap terasa kelam..
 
Sahabat seiman..,
Getar hati tak dapat kupendam, saat sentuhan ayat menuntun jalan, simaklah ayat berikut, artinya: "Dan perumpamaan (orang-orang yang menyeru) orang-orang kafir adalah seperti penggembala yang memanggil binatang yang tidak mendengar selain panggilan dan seruan saja. mereka tuli, bisu dan buta, Maka (oleh sebab itu) mereka tidak mengerti." (Q.S. Al baqoroh: 171)
Ternyata betapa hina telinga, lisan, dan mata yang tak terguna, tanpa hidayah mendengar bagai tuli, berkata seperti bisu, melihat seolah buta..
 
Sahabat seiman..,
Bayangkan, Andai lantunan ayat tak mampu melunakkan kegarangan Umar RA yang dahulu hendak membunuh Rasulullah SAW. andai lantunan kata ahad..ahad..ahad tak keluar dari lisan Bilal saat dipaksa mengucapkan kalimat kufur.. andai pasukan Badar tak mampu menatap bayang syurga dan mencium harumnya dari balik bukit serta seolah maut mengancam di hadapan.. maka bagaimana dengan pendengaran, lisan, dan pandangan kita saat menunai tugas kerja dan menghadapi hambatannya?
 
Sahabat seiman..,
semoga setiap suara yang terdengar menjadi pelajaran nan berkesan, setiap kata yang terucap adalah buah tela'ah, setiap sorot mata adalah mencari jalan selamat.. semoga tak akan ada nikmat yang luput disyukuri, tak ada potensi yang tak tertuang taat, tak ada syahwat yang tersesat dalam maksiyat dan tak bertobat.. selamat beraktifitas! (@_SaiBah)

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

Fokus pada peluang

Jika anda sedang membangun masa depan, pertajam pandangan anda pada peluang dan potensi besar yg anda miliki. Jangan sampai semua energi anda dihabiskan oleh rentetan masalah demi masalah yg akan menguras tenaga dan pikiran anda. Jaga keseimbangan hidup.
= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

18 Mar 2012

Pelajaran dari Pensil

Sebatang pensil sebenarnya mempunyai LIMA kualitas unggulan yang bisa menjadi pedoman saat kita menjalani kehidupan ini:

1: Mengingatkan bahwa seperti sebuah pensil ketika menulis, ada tangan yang selalu membimbing langkah kita dalam hidup ini. Kita menyebutnya tangan Tuhan.

2: Proses meraut, seakan membuat pensil menderita. Tetapi setelah selesai, ia tajam kembali. Begitu juga dengan kita, harus berani menerima penderitaan/tantangan, karena itu semua membuat kita menjadi manusia yang lebih baik dan berkualitas.

3: Pensil selalu memberikan kita kesempatan untuk menggunakan penghapus demi memperbaiki kesalahan. Oleh karena itu, ingatlah bahwa memperbaiki kesalahan dalam hidup ini bukanlah suatu hal yang buruk :)

4: Bagian yang paling bermanfaat dari pensil bukanlah bagian luarnya, melainkan arang yang ada di dalamnya! Begitu pula dengan kita, harus selalu memupuk hal-hal baik yang ada di dalam diri sendiri.

5: Pensil selalu meninggalkan tanda/goresan. Kita pun demikian. Maka berhati-hatilah dalam berpikir, berucap, dan bertindak. Sehingga, goresan yang kita tinggalkan bisa menjadi guratan yang memberi manfaat bagi diri dan orang lain.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

Jauhi nafsu dan kesombongan

Dosa karena mengerjakan apa yg dilarang biasanya bersumber dari hawa nafsu dan kebutuhan. Dosa karena meninggalkan apa yg diperintah biasanya bersumber dari kesombongan dan keangkuhan. Semoga Alllah swt menjaga dan melindungi kita dari buruknya hawa nafsu dan kesombongan.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

15 Mar 2012

Bukti sayangnya Allah

Bukti dikabulkannya doa bukan hanya saat kita diberikan apa yg kita inginkan, tapi juga ketika kita diberikan tantangan dan ujian yg berat utk menjadi sosok yg kita inginkan. Itulah bukti sayangnya Allah pada hambaNya.
= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

14 Mar 2012

Guru yg pahlawan

Guru yg biasa, bicara. Guru yg bagus, menjelaskan. Guru yg hebat, mencontohkan. Guru yg pahlawan, membangkitkan semangat dan motivasi. Semangat utk berjuang. Motivasi utk bekerja.
= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

13 Mar 2012

Ayah yg kucintai

"Statistik membuktikan bahwa orang² yang kehilangan kasih sayang dari ayahnya, akan tumbuh dengan kelainan perilaku, kecenderungan bunuh diri, dan menjadi kriminal yang kejam.

Sekitar 70 % dari penghuni penjara dengan hukuman seumur hidup adalah orang² yang bertumbuh tanpa ayah.

Para ayah....

Anda dirindukan dan dibutuhkan oleh anak² Anda.

Jangan habiskan seluruh energi dan pikiran di tempat kerja, sehingga waktu tiba di rumah para ayah hanya memberikan "sisa-sisa" energi dan duduk menonton TV.

Peluk anak² Anda, dengarkan cerita mereka, ajarkan kebenaran & moral.

Dan Anda tidak akan menyesal......
karena anak² Anda akan hidup sesuai jalan yang Anda ajarkan dan persiapkan.

Ayah yang sukses bukanlah pria paling kaya atau paling tinggi jabatannya di perusahaan atau lembaga pemerintahan, tetapi seorang pria yang anak lakinya berkata:
"Aku mau menjadi seperti ayahku nanti"
atau anak perempuannya berkata:
"Aku mau punya seorang suami yang seperti ayahku"

Seorang ayah lebih berharga daripada 100 orang guru di sekolah.


= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

Hiduplah bersama cinta

Uang memang bisa dipakai utk melakukan banyak hal. Tapi cinta bisa melakukan lebih banyak lagi, karena semua kebaikan berasal dari cinta. Dimana ada cinta, di situ ada harapan dan optimisme. Maka hiduplah bersama cinta.
= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

11 Mar 2012

Hadapi tantangan

Layang-layang terbang tinggi karena menghadapi angin, bukan menghindari angin. Para pahlawan kehidupan menjadikan hidupnya selalu berhadapan degan tantangan, bukan menjauhi tantangan.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

9 Mar 2012

Perolehan dan harapan

Jika anda dapat memberi org lain melebihi apa yg diharapkan, maka anda akan memperoleh sesuatu yg melebihi harapan anda. Perolehan dan harapan yg berganti-ganti membuat hidup lebih bermakna. Syukuri apa yg ada.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

8 Mar 2012

Tahukah Anda

TAHUKAH ANDA?

1. Manusia melepaskan sekitar 600.000 partikel (sel) kulit setiap jamnya. Dalam setahun ada sekitar 1,5 pon (0,75 kg) sehingga rata-rata orang akan kehilangan sekitar 105 pon (47,25 kg) sel kulit pada saat berusia 70 tahun.

2. Jumlah tulang. Orang dewasa memiliki tulang yang lebih sedikit dibandingkan bayi. Saat seseorang baru memulai kehidupan, terdapat 305 tulang. Tapi seiring pertumbuhan, maka saat dewasa orang hanya memiliki 206 tulang saja.

3. Sidik (garis-garis) di lidah. Jika ingin menyembunyikan identitas, maka sebaiknya tidak menjulurkan lidah. Karena serupa dengan sidik jari, setiap orang memiliki sidik lidah unik yang berbeda-beda.

4. Lapisan kulit perut baru. Tanpa disadari setiap manusia memiliki lapisan kulit perut baru setiap 3-4 hari. Ini karena asam yang kuat di lambung tidak hanya berguna untuk mencerna makanan, tapi juga untuk mengikis lapisan perut.

5. Kecepatan bersin. Udara yang dikeluarkan dari orang yang bersin bisa memiliki kecepatan hingga 100 mil/jam (160,9 km/jam) atau lebih. Karena itu tidak ada salahnya untuk menutup hidung saat bersin atau ada orang di dekat anda yang bersin.

6. Panjangnya pembuluh darah. Darah memiliki jalur kerja yang panjang, karena ada sekitar 60.000 mil (96.540 km) pembuluh darah dalam tubuh manusia. Dan jantung bekerja keras untuk memompa sekitar 2.000 galon darah setiap harinya ke semua pembuluh darah.

7. Jumlah air liur. Mungkin tidak pernah terbayangkan untuk berenang di dalam air liur sendiri. Tapi hal ini mungkin saja, karena dalam seumur hidupnya seseorang menghasilkan air liur rata-rata 25.000 liter.

8. Kekuatan mendengkur. Seseorang pasti akan terganggu jika tidur di sebelah orang yang mendengkur. Hal ini bisa dimaklumi, karena suara dengkuran bisa mencapai 60 desibel yang setara dengan suara normal orang berbicara. Bahkan ada yang mencapai 80 desibel yaitu setara dengan suara mesin bor.

9. Warna dan jumlah rambut. Warna rambut akan membantu menentukan seberapa banyak jumlah helai rambut. Warna rambut pirang memiliki 146.000 folikel (kantong kelenjar pada rambut), rambut hitam memiliki 110.000 folikel sedangkan rambut coklat memiliki 100.000 folikel. Setiap folikel menghasilkan 20 helai rambut.

10. Berat kepala. Tidak heran jika seorang bayi sulit sekali mengangkat kepalanya, karena berat kepala saat baru lahir adalah seperempat dari total berat badan. Sedangkan saat dewasa, berat kepalanya hanya seperdelapan dari berat badan seseorang.

sumber: HowStuffWorks

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

Kebahagiaan buah dari keberhasilan kecil

Kebahagiaan bukanlah buah dari keberhasilan dan keberuntungan besar, tapi dari keberhasilan-keberhasilan kecil yg terjadi setiap hari. Nikmati hari-hari anda dan rasakan kebahagiaan dari setiap cuplikan pendek episode hidup anda.
= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

7 Mar 2012

Nilai hidup anda

Nilai hidup anda tidak terletak pada panjangnya hari-hari, tapi dari cara anda mengisi hari-hari. Bahagia anda tidak tergantung dari lamanya hidup bersama org lain, tapi dari arti yg anda berikan bagi org lain.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

6 Mar 2012

Perbanyak mendengar

Dalam hidup ini, sering-seringlah meniru perilaku burung hantu. Saat ia duduk di atas pohon, ia banyak melihat dan sedikit bicara. Dg sedikit bicara ia menjadi banyak mendengar. Orang bijak lebih banyak mendengar daripada bicara.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

4 Mar 2012

Kecerdasan hati bijaksana

Kecerdasan otak digunakan untuk memahami apa yg diketahui. Kecerdasan hati digunakan untuk mengambil keputusan atas apa yg diketahui pada saat yg tepat dan tempat yg tepat.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

3 Mar 2012

Bangun jiwa cinta

Pangkal dari setiap keburukan adalah kebodohan serta kelemahan dan kerendahan jiwa. Pangkal dari setiap kebaikan adalah pemahaman yg baik disertai kemuliaan dan kekuatan jiwa. Jiwa yg dipenuhi cinta pada kebaikan akan menghasilkan buah yg manis. Jiwa yg dipenuhi kebencian akan menghasilkan buah yg busuk.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

2 Mar 2012

Belajarlah dari org lain

Belajarlah dari orang lain. Galilah ilmu dan pengalaman org lain. Perkaya hidup anda dg inspirasi dari org lain. Setiap kejadian akan memperindah warna hidup anda. Nikmati dan rasakan keindahannya.
= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

1 Mar 2012

Beri manfaat bagi org lain

Menjadi kaya itu baik. Menjadi kuat juga baik. Tetapi menjadi orang yg bermanfaat dan dicintai banyak orang, itu jauh lebih baik. Tanamkan niat utk melakukan satu kebaikan bagi org lain hari ini.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

Me and my daughter

From facebook. Muflihah Fii Ardhillah wrote:

'Me & my daughter'

Nduk, anakku cah ayu....
Aku mohonkan utk engkau perlindungan kepada kalimah Alloh yg sempurna...
Carilah Dia....
Ikuti jalan-Nya...
Bahagia itu ada bersama-Nya...
Cinta-Nya tiada tandingannya...

Nduk, anakku cah ayu....
Dunia ini bagaikan lautan yg dalam...
Banyak sekali manusia yg tenggelam kedalamnya...
Oleh krn itu jadikanlah sampanmu itu taqwa kepada Alloh dan isilah sampanmu itu dengan muatan iman kepada Alloh dan lengkapilah dengan layar tawakkal kepada Alloh, mudah2an engkau selamat....

Anakku ngger cah ayu....
Carilah kekayaan dengan jalan utk menjaga kefakiran, krn sesungguhnya tdk ada yg lebih fakir sama sekali bagi seseorang itu melainkan menimpanya 3 hal : lemah dalam agamanya, lemah dalam akalnya dan hilang malunya....

Ngger anakku cah ayu....
Tidak akan tumbuh dengan baik tanaman itu melainkan dengan air dan tanah. Demikian pula tidak akan hidup dengan baik iman itu melainkan dengan 'ilmu dan 'amal....
Maka jika kau ingin bahagia,
Suburkan akarnya....
Kukuhkan tunjangnya...
Supaya kokoh tumbuh kembangnya...
Mohonlah kekuatan kasih-Nya....penerangan dengan cahaya-Nya...dan jalan keluar atas setiap ujian-Nya....

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

29 Feb 2012

Pengalaman guru terhebat

Jangan pernah menyesali pengalaman hidup. Karena, pengalaman adalah guru yg keras. Ia memberi ujian lebih. dulu, baru pelajaran. Pengalaman juga guru. terhebat. Ia. mendidik dan menempa tanpa pilih kasih dan basa basi. Pengalaman juga guru yg super. Ia membentuk kedewasaan dan kematangan bagi orang-orang besar.
= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

28 Feb 2012

Jauhi sikap buruk..

Sikap buruk yg dilakukan seseorang akan merampas gelar dermawan, baik hati, bersahaja, murah senyum, dan rendah hati, menjadi seorg yg bergelar pendengki, penghasut, pemecah belah, perusuh, dan perusak kedamaian. Karena itu, jauhi sikap. buruk, hadirkan sikap baik. Setiap saat. Setiap waktu.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

27 Feb 2012

Kata-kata tdk kenal waktu..

Kata-kata tidak kenal waktu. Ia didengar dan diucapkan. Ia dibaca dan ditulis. Ia juga masuk ke dalam hati dan ke dalam pikiran. Tindakan dan perbuatan andalah yg menentukan apakah kata-kata I tu akan menghasilkan senyuman kebahagiaan atau kecaman menghinakan bagi hidup anda.
= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

25 Feb 2012

Belajar dari kesulitan

Kita harus belajar dari kesulitan. Belajar dari kegagalan. Belajar dari tantangan. Belajar dari kekalahan. Meskipun semua itu kadang menyakitkan, tapi ia menyimpan makna dan harapan, kekuatan dan keteguhan, keberanian dan kesabaran.
= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

24 Feb 2012

Pidato Bung Karno

"Semangat perjuangan rakyat yg berkobar-kobar akan dapat menghancurkan manusia lebih cepat daripada ribuan armada perang yg dipersenjatai lengkap. Suatu negara dapat berdiri tanpa tank dan meriam. Akan tetapi, suatu bangsa tidak mungkin bertahan tanpa kepercayaan," ujar Soekarno berapi-api di Gedung Landraad Bandung, tahun 1930. (Kompas, 24/02/2012).

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

Senangi apa yg dikerjakan

Sukses itu diperoleh bukan dg mengerjakan hal-hal yg disenangi, tapi menyenangi apa yg sedang dikerjakan. Orang sukses tidak diukur dari berapa banyak hal yg sudah dikerjakan, tapi berapa besar tantangan yg dihadapi, ketangguhan dan keberaniannya menghadapi rintangan, dan berapa besar ia memberi manfaat bagi org lain. Salam bahagia.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

23 Feb 2012

Jangan berdusta

Nasehat Syaikh Abdul Qadir Jailani: "Jgn brdusta. Ketika kau brkata 'Allahu Akbar', bs jd kau dusta, krn dlm hatimu ada tuhan slain Allah. Ssuatu yg mjd sandaranmu, ia berarti Tuhan. Sesuatu yg kau takuti n kau harapkn, berarti Tuhan. Hati tdk selaras dg lisan. Amal tdk sesuai dg prkataan. Tidakkah kau mrasa malu saat mngatakn 'La ilaha illallah' smntara kau memiliki ribuan tuhan slain Allah?".

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

22 Feb 2012

Bebaskan diri dari ketamakan

Orang paling bahagia bukanlah mereka yg paling banyak hartanya atau paling tinggi posisi jabatannya. Orang paling bahagia adalah mereka yg. mampu membebaskan jiwa dan pikirannya dari kerakusan harta, ketamakan, iri hati, dendam, dan kebencian, yg kesemuanya merupakan sumber malapetaka dan kesengsaraan.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

21 Feb 2012

Berserah dirilah kpd Allah

Nasehat Syaikh Abdul Qadir Jaelani: "Berserah dirilah kpd Allah selalu, spt org-org shalih selalu berserah diri kpdNya, shg Allah mengasihimu, sbgm Dia mengasihi mereka. Sibukkan diri dg ketaatan dan kesabaran bersamaNya. Bersikap zuhudlah di dunia. Ambil bagian duniamu dg ketakwaan dan wara. Beramallah utk bekal akhiratmu. Allah akan mencintaimu".
= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

20 Feb 2012

Jadilah cahaya bagi orang lain

Orang yg mengira bisa hidup tanpa orang lain, berarti ia telah keliru dan telah membohongi dirinya sendiri. Tetapi orang yg mengira orang lain tidak bisa hidup tanpa dirinya, lebih keliru lagi. Karenanya, jadilah sahabat terbaik bagi orang lain. Jadilah orang yg bermanfaat bagi orang lain. Jadilah cahaya bagi orang lain.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

19 Feb 2012

Berikan penghargaan

Jika kita bisa begitu mudahnya menunjukkan kesalahan orang lain, pasti kita pun akan bisa dengan mudah memberikan pujian dan penghargaan. Penghargaan yang tulus akan membangun cinta dan persahabatan. Penghinaan dan pengecilan akan membuat jarak dan permusuhan.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

18 Feb 2012

Pelajaran dari ibnu taimiyah

Pelajaran dari Ibnu Taimiyyah rahimahullah, untuk para pemuda: "lebih mulia hidup di penjara dari pada hidup di alam bebas tetapi di pasung hak dan kewajibannya untuk menyampaikan amar ma'ruf nahi munkar". Meski akhirnya beliau dipenjarakan oleh penguasa yang dzolim, namun kemerdekaan jiwanya tak pernah berhenti membuat karya besar untuk pencerahan ummat manusia.
Dimanapun kita berada, disitulah kita terus bekerja membangun peradaban manusia menuju ridha Nya.
Disini "BEKERJALAH UNTUK INDONESIA, MEMBANGUN PERADABAN, RAIH KEMULIAAN SEJATI"

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

Cinta itu apa adanya.

Cinta itu menerima apa adanya. Cinta itu memberi apa adanya. Tanpa syarat. Tanpa batas. Kemarin, hari ini, dan esok.
Salam bahagia.
= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

17 Feb 2012

Anda adalah atas pilihan anda

Anda bisa memilih untuk sukses atau gagal. Bisa memilih utk menjadi org baik atau org jahat. Bisa memilih berpikir positif atau berpikir negatif. Bisa memilih berbuat sesuatu atau diam atas sesuatu. Andalah yg berkuasa atas diri anda sendiri. Tapi ingat, pilihan anda akan menentukan siapa diri anda yg sebenarnya.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

16 Feb 2012

Kibarkan cita-cita hidup anda

Kibarkan cita-cita dan mimpi hidup anda. Pancangkan tekad dan keinginan yg kuat. Pusatkan perhatian pada masa mendatang. Hidup anda harus memiliki arti bagi org lain. Jangan biarkan ia mengalir tanpa arah dan tujuan. Anda tidak pernah diberi mimpi tanpa diberi kekuatan untuk mewujudkannya. Anda hanya perlu bekerja.

= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]

15 Feb 2012

Surga bagi orang yg ikhlas

Surga Terindah Bagi Orang Yang Ikhlas

Dan kelak akan dijauhkan orang yang paling takwa dari neraka itu, yang menafkahkan hartanya (dijalan Allah) untuk membersihkannya, padahal tidak ada seorangpun memberikan suatu nikmat kepadanya yang harus dibalasnya, (tetapi dia memberikan itu semata-mata) karena mencari keridhoaan Tuhannya Yang Mahatinggi (QS Al Lail: 17-20).

Setiap kita pasti menginginkan surga. Apakah kunci surga itu? Kunci surga adalah kalimatul ikhlas. Kalimat Ikhlas adalah sebuah unngkapan kesaksian kepada Tuhan yang diucapkan dengan ketulusan dan keikhlasan. Tanpa keikhlasan, maka ia tidak dinamakan kalimat ikhlas.

Dalam hadist: "Datanglah malaikat maut menemui seorang laki laki yang hendak meninggak. Lalu malaikat itu merobek hatinya dan tidak menemukan satu kebaikanpun padanya. Kemudian dia merobek kedua janggutnya, maka ia menemukan ujung lidahnya melekat dengan langit-langit mulutnya. Dia berkata La ilaaha illallaah (tiada tuhan selain Allah). Maka Allah mengampuni dengan kalimatul ikhlas. (HR. Ibnu Abi Dunya, Baihaqi dan Daelami.

Ternyata dengan keikhlasan surga bisa diraih. Rasulullah saw. Pernah menceritakan ada seseorang yang hanya karena menyingkirkan sepucuk duri dari tengah jalan, maka kepadanya di karuniai dengan rahmat oleh Allah SWT, sehingga meraih surga. Mengapa begitu? Ternyata pada saat dia memungut duri, hatinya teramat ikhlas. Dia tidak ingin duri mengenai orang lain. Dia hanya mengharap rahmat dan ridho Allah.

Hampir mirip dengan kisah wanita pemaksiat yang memberikan minuman kepada seekor anjing dengan sepatunya. Oleh karena itu sahabat, betapa tingginya nilai sebuah keikhlasan, yang dilakukan oleh seseorang yang beriman kepada Allah SWT. Yaa Allah mudahkanlah kami untuk ikhlas menjalani detik per detik kehidupan kami. Amin Yaa Rabbal Alamin.


= Do Better Be The BEST =
[www.prihandoko.com]