11 Jul 2013

RubriK Teknologi

Pilih WeChat, LINE atau Whatsapp untuk komunikasi anda ?

Perangkat pengiriman pesan instan berbasis mobile lintas platform kian hari kian populer. Berbagai aplikasi buatan Amerika maupun dataran Asia seperti China dan Jepang menyerbu konsumen ponsel di Indonesia.

Saat ini sekurang-kurangnya ada tiga aplikasi pesan singkat yang paling populer, yaitu Whatsapp, WeChat dan Line. Mereka mulai menggeser penggunaan BBM (Blackberry Messenger). Jika BBM hanya bisa dijalankan di perangkat Blackberry, tiga aplikasi tersebut dapat dijalankan di berbagai perangkat ponsel lintas sistem operasi.

Berikut ini akan dipaparkan fitur-fitur yang dimiliki masing-masing aplikasi peaan singkat tersebut.

1. WeChat
Aplikasi ini memiliki semua fitur dasar dari suatu perangkat pengirim pesan modern. Mulai dari fungsi pengiriman pesan singkat, percakapan langsung, pengiriman pesan gambar, dan pengiriman video.

Salah satu keistimewaan WeChat adalah adanya fitur Look Around, Shake dan Drift Bottle. Look Around akan mencari pengguna WeChat di sekitar anda. Shake akan memberi anda kesempatan untuk chatting dengan pengguna WeChat yang juga menjalankan fungsi Shake. Drift Bottle bisa digunakan untuk mengirim pesan singkat secara random ke sesama pengguna. Bagi pengguna yang berminat dapat langsung merespon dan menjadi teman anda.

2. LINE
LINE diciptakan oleh sebuah perusahaan Jepang, Japan'Naver Corp. LINE menjadikan stiker sebagai alat yang mendominasi komunikasi antar penggunanya. Pencipta LINE berasumsi bahwa ke depan pengguna akan semakin malas menggunakan teks kata.

Selain digunakan untuk pengiriman teks, foto dan video, LINE juga menyediakan fasilitas panggilan suara, di mana pun dan kapan pun tanpa biaya. Pengguna juga bisa saling berbagi foto, video dan informasi lokasi.

3. Whatsapp
Whatsapp adalah aplikasi yang paling populer saat ini. Keunggulannya terletak pada cara penggunaannya yang simpel dan tidak rumit. Perangkat ini diciptakan di AS oleh mantan pekerja yahoo.

Meskipun aplikasi ini berbayar ($0.99 per tahun) namun tidak menghalangi orang untuk menjadi penggunanya. Sebagaimana dua aplikasi terdahulu, dengan Whatsapp pengguna bisa mengirim pesan singkat, gambar mauoun video. Namun Whatsapp tidak memiliki fasilitas untuk bercakap secara langsung.

Sebagai konsumen anda dapat memilih aplikasi yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan anda.

(Nxttech/far/dn)

Tidak ada komentar: