9 Jul 2013

Hikmah: Ramadhan Bulan Taubat

Hikmah: Ramadhan Bulan Taubat.

Dalam salah satu penggalan kalimat khutbah Rasulullah menyongsong datangnya bulan Ramadhan, beliau mengatakan: "Bertaubatlah kepada Allah dari dosa-dosamu. Angkatlah tangan-tanganmu untuk berdoa pada waktu shalatmu karena itulah saat-saat yang paling utama ketika Allah Azza wa Jalla memandang hamba-hamba-Nya dengan penuh kasih; Dia menjawab mereka ketika mereka menyeru-Nya, menyambut mereka ketika mereka memanggil-Nya dan mengabulkan doa mereka ketika mereka berdoa kepada-Nya."

Kehadiran bulan Ramadhan berarti hadirnya kesempatan untuk bertaubat. Hadirnya peluang untuk membersihkan diri. Menghapus dosa. Menghilangkan kesalahan dan kekhilafan. Baik kepada sesama maupun kesalahan kepada Allah swt.

Rasul perintahkan kita untuk mengangkat tangan saat sholat, berdoa dengan hati yang khusyuk. Merendahkan diri di hadapanNya. Bermunajat kepada Yang Maha Kuasa. Bersimpuh di haribaanNya. Karena, di saat itulah Dia akan memandang pada wajah-wajah hambaNya. Dia tahu mana hamba yang bermohon dengan tulus ikhlas dan mana hamba yang hanya berpura-pura berdoa. Sungguh Dia Maha Mengetahui segala yang nampak dan yang tersembunyi.

Saat seorang mukmin mampu mengikhlaskan dirinya dalam berdoa kepadaNya, maka Dia akan menyambut seruannya. Dia akan mengabulkan doanya. Dia akan memberikan kehidupan yang terbaik kepada hambaNya. Kehidupannya akan dipenuhi ketenangan dan ketentraman. Dia yakin, saat dia menyandarkan diri kepada Allah dalam setiap urusannya, maka Allah akan mencukupi semua kebutuhannya.

Sebaliknya, jika seorang hamba tidak berdoa dengan hati yang ikhlas, namun diselimuti dengan kepentingan dan hawa nafsu dan ambisi duniawi, maka jangan harap Allah akan mengabulkan pintanya. Kalau pun seolah-olah doanya dikabulkan Allah lewat sebuah peristiwa yang disukai orang tersebut, maka itu hanyalah sebuah bentuk ujian dan cobaan yang Allah berikan padanya. Segeralah bertaubat dan bersihkan hati.

Selagi Ramadhan baru hadir bersama kita, kinilah saatnya membulatkan tekad untuk membersihkan hati, menyucikan jiwa, dan perbanyak berdoa di hadapan Allah, setiap waktu, setiap saat. Yakinlah tekad yang kuat akan menggerakkan pikiran dan jasad untuk melaksanakannya. Semoga Allah memberkahi.